10 Pekerjaan Rumah MenPAN-RB Baru Azwar Anas

Graha Nusantara, Jakarta – Pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) baru yaitu Abdullah Azwar Anas tidaklah sedikit,

Setidaknya terdapat 10 isu strategis dan aktual bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi yang menunggu penyelesaiannya segera dilakukan oleh sang menteri baru.

Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini menyampaikan kesepuluh isu ini kepada Menteri Anas pada rapat bersama.

Berikut daftar ke-10 isu tersebut:

1. Isu pelaksanaan reformasi birokrasi. 

2. Penyederhanaan birokrasi.

3. Flexible working arrangement (FWA), merupakan upaya untuk memberikan ASN work life balance bukan hanya seputar work from home (WFH) dan work from office (WFO) yang menjadi fokus isu ini.

“Jadi, bukan sekadar kerja di rumah dan di kantor, tetapi di sini ada isu terkait digitalisasi,” tutur Rini, Kamis, 8 September 2022.

4. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).  Digitalisasi government sedang didorong serta arsitektur SPBE telah dimiliki oleh KemenPAN-RB saat ini.

5. Berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik termasuk di dalamnya inovasi, digitalisasi pelayanan publik dan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP).

6. Isu formasi ASN baik CPNS maupun PPPK untuk Papua dan Papua Barat yang ada di Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur. 

7. Peta penanganan tenaga honorer K2 dan K1.

8. Kesejahteraan ASN. 

9. Penghapusan jenis kepegawaian selain PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
Rini mengatakan hal itu sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

10. Rencana pemindahan ASN ke ibu kota negara (IKN).

Sang Menteri baru memberikan respon terkait hal tersebut dengan menegaskan bahwa isu-isu tersebut haruslah segera diselesaikan. Tentunya dengen memperkuat kolaborasi serta sinergi dari internal dan eksternal.

Komentar