oleh

Asik, Google Luncurkan Fitur Baru untuk Translate Bahasa

Graha Nusantara – Google sebagai mesin pencarian nomor satu di dunia, memperkenalkan sebuah fitur baru “Google Assistant” yang berguna sebagai penerjemah kalimat bahasa lain yang diucapkan secara langsung.

Peluncuran fitur ini direncanakan pada Minggu ini, tersedia dalam delapan bahasa Inggris, Perancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

“Kami menyadari dan menganggap celah tersebut sebagai bagian penting dalam proses berkomunikasi pada manusia. Maka dari itu kami menciptakan fitur ini,” tutur juru bicara Google.

Fitur ini baru akan tersedia untuk pengguna android, untuk iOS akan menyusul. Ketika resmi diluncurkan, akan ada opsi baru bernama “Transcribe”. Untuk mulai menerjemahkan kalimat, pengguna bisa menekan tombol “Trancribe” yang tersedia pada menu aplikasi.

Pilihan bahasa yang tersedia juga bisa diganti melalui menu dropdown pada aplikasi. Cara kerja pada fitur baru ini serupa dengan Live Transcribe, di mana proses transkrip (dari suara ke teks) tidak terjadi pada ponsel, karena diproses di Google Cloud dan Tensor Processing Unit (TPU).

Dengan kata lain, Google Translate Transcribe dapat bekerja berkat kombinasi antara fitur terjemahan secara langsung dengan perangkat TPU. Fitur Live Transcribe sendiri merupakan salah satu fitur Google yang diciptakan untuk membantu pengguna dengan gangguan pendengaran.