Jokowi Izinkan Wisma Atlet Jadi Rumah Sakit Khusus Pasien Corona

Jakarta – Presiden Jokowi persilahkan Hotel milik BUMN dan Wisma Atlet jadi rumah sakit khusus pasien Corona.

Sebelumnya, pak Jokowi meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyiapkan rencana kontigensi kesiapan layanan rumah sakit, baik rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan, hingga mobilisasi rumah sakit lain milik BUMN, TNI, Polri, hingga swasta.

“Dan juga rumah sakit darurat apabila diperlukan. Dan (kalau) juga diperlukan juga bisa memanfatkan Wisma Atlet di kemayoran,” kata Jokowi dalam ratas bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis (19/3/20).

Menurut Presiden Jokowi Dodo, kapasitas wisma atlet yang bisa menampung 15 ribu orang cukup besar untuk menampung pasien corona. Jika diperlukan, hotel BUMN juga bisa disulap menjadi rumah sakit untuk menangani pasien corona.

“Kemudian juga rencana kontigensi ini juga harus siapkan sampai ke daerah, termasuk percepatan pembangunan di Pulau Galang di Kepualuan Riau,” imbuhnya.

Kepala Negara juga ingin perlindungan maksimal kepada para dokter, tenaga medis, dan jajarannya yang berada di rumah sakit yang melayani pasien terinfeksi Covid-19. Selain itu, Jokowi juga meminta Menkeu Sri Mulyani memberikan insentif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan Covid-19 ini.

“Pastikan bahwa persediaan APD (alat pelindung diri-red), karena mereka berada digaris terdepan sehingga petugas kesehatan harus terlindung dan tidak terpapar Covid-19,” tandasnya.