Gol Semata Wayang Foden, Kian Kokohkan Manchester City di Puncak Klasemen

Grahanusantara.co.id, Brentford – Manchester City terus menjaga trend positif dalam mempertahankan puncak klasemen Liga Inggris musim 2021-2022, Terbaru, The Sky Blues berhasil mengamankan 3 poin usai menang tipis 0-1 di markas Brentford.

Gol semata wayang tim dengan julukan Sultan Arab itu diukur oleh Phil Foden, Duel Brentford vs Man City di lanjutan Premier League digelar di Brentford Community Stadium, Kamis (30/12/2021) dini hari WIB.

City sempat dua kali membobol gawang Brentford di paruh kedua. Namun, kedua gol tersebut dianulir karena Foden dan Aymeric Laporte berada dalam posisi offside.

Ini jadi kemenangan ke-10 yang dicatat City secara beruntun di Premier League. Pasukan Pep Guardiola itu pun makin menjauh dari para rival yang terpeleset di pertandingan lainnya.

Manchester City makin nyaman di puncak klasemen Liga Inggris dengan 50 poin dari 20 pertandingan. Mereka unggul enam poin atas Chelsea yang ada di posisi kedua. Sementara Brentford ada di urutan ke-14 dengan 20 poin.

Meski City tampil dominan, justru Brentford yang beberapa kali mendapat peluang di awal pertandingan. Yoane Wissa menyerang balik dan mencoba melepaskan tembakan dari sisi kiri, tapi bola bisa diamankan Ederson.

Ederson kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-13. Bola sepakan Wissa sempat membentur Ruben Dias dan Ederson menunjukkan refleks bagus untuk mengantisipasi bola. Dari sepak pojok yang dihasilkan bola harus dihalau di garis gawang oleh Joao Cancelo.

City kemudian justru membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-16. Gol Phil Foden membawa City memimpin 1-0. Foden menuntaskan umpan dari De Bruyne untuk menjebol gawang Brentford.

Tembakan Ruben Dias dari luar kotak penalti masih bisa diamankan Alvaro Fernandez. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit tanda babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, City langsung memegang kendali permainan. Dua menit laga babak kedua berjalan, City mendapat peluang untuk menambah gol.

Umpan silang De Bruyne dari sisi kanan diteruskan Foden dengan sundulan. Namun upaya Foden itu masih melebar dari gawang.

Foden sempat membobol gawang Brentford pada menit ke-50. Namun gol dianulir karena Foden lebih dulu berada dalam posisi offside saat meneruskan bola dari Joao Cancelo.

City nyaris menambah gol pada menit ke-65. De Bruyne melepaskan tembakan mendatar, tapi bola masih membentur tiang gawang.

Aymeric Laporte menjebol gawang Brentford pada menit ke-86 lewat sundulan meneruskan tendangan bebas Kevin De Bruyne. Namun, gol Laporte dianulir karena dia ada dalam posisi offside.ford

Brentford yang berusaha keras untuk menyamakan kedudukan, gagal menembus perhatahan belakang City yang sangat kokoh.

Bagi Brentford sendiri, kekalahan atas Manchester City menjadi kekalahan ke 8 mereka di musim ini. Tim berjuluk The Bees itu sekarang bercokol di peringkat 12 klasemen sementara dengan raihan 20 poin.