HAORNAS 2021, Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju

Grahanusantara.co.id, Medan – Momentum Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) adalah momen sangat penting dimana kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, pengorbanan serta perjuangan seluruh pihak yang berkontribusi dalam membangun kemajuan olahraga dari tingkat daerah hingga pusat, mulai dari atlet, pelatih, manajer, pemilik klub, pimpinan cabang olahraga, para pembuat kebijakan, kampus-kampus dan sekolah olahraga, media dan juga masyarakat yang mencintai olahraga.

Perjuangan bangsa Indonesia menghadirkan kembali kejayaannya di bidang olahraga masih harus melalui jalan panjang dan penuh tantangan. Namun dengan momentum peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2021 yang mengangkat tema “ Disain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju ’’ akan menjadi langkah strategis mewujudkan tantangan itu dengan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak.

Desain Besar Olahraga Nasional diharapkan mampu menghadirkan banyak kegiatan-kegiatan keolahragaan dan diarahkan untuk menumbuhkan kembali semangat cinta tanah air, dan penyatuan kembali semangat kebangsaan dan solidaritas di antara sesama warga masyarakat.

Tidak hanya tentang kemajuan, olahraga juga mengajarkan kita banyak hal tentang makna persatuan, kejujuran, sportivitas, keadilan dan juga kebanggaan kita sebagai sebuah bangsa. Ketika semua bersatu dan berjuang untuk olahraga, maka serentak kita akan berkata inilah Indonesia, Indonesia Maju!!! maka disitulah kebanggaan kita hadir dari olahraga.

Semangat perayaan Hari Olahraga Nasional kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilakukan pada saat jelang perhelatan PON ke 23 di Papua. Walau masih dalam keadaan pandemik Covid 19 dimana para atlit yang akan berlaga juga harus menggunakan protokol Covid yang ketat.

Pekan Olahraga Nasional ke 23 di Papua harus menjadi momentum kebangkitan kembali kejayaan olahraga Indonesia. Momentum ini harus mampu meninggalkan warisan berharga bagi bangsa Indonesia, yakni meninggalkan infrastruktur olahraga yang lebih baik, lebih maju dan lebih modern, dan hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan karakter masyarakat Indonesia yang berfikir maju dan mampu bangkit dari situasi pandemik.

Masyarakat yang berfikir maju dan optimistis adalah dasar dari lahirnya prestasi olahraga, “Kita ingin membidik prestasi dari tingginya partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan olahraga, Prestasi adalah sebuah proses panjang melahirkan dan menemukan atlet-atlet elit dari ribuan bahkan jutaan anak-anak Indonesia yang turun ke lapangan olahraga, yang berlari dan terus berlari, bergerak terus berolahraga, menempa dirinya dengan disiplin dan latihan keras untuk menjadi juara”.