Tugu Pamulang Tangsel Tak Jadi Dibongkar, Begini Kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten

Grahanusantara.co.id, Tangsel – Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, batal dibongkar agar tidak mubazir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Tranggono menjelaskan, pembongkaran Tugu Pamulang dibatalkan karena sudah tercatat sebagai aset pemerintah provinsi.

Pihaknya pun memastikan bahwa bentuk tugu yang berdiri saat ini sudah sesuai dengan rancangan awal pembangunan pada 2018.

“Setelah kami kaji, itu kan tugu sudah selesai, sesuai dengan gambarannya dan masuk dalam aset provinsi. Kalau dibongkar berarti kan harus penghapusan aset,” ujar Tranggono, Jumat (30/4/2021).

Tranggono pun menyebut bahwa pihaknya sudah menyampaikan alasan untuk tidak membongkar Tugu Pamulang itu ke Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi.

wacana pembongkaran itu sempat sudah disampaikan langsung oleh Andika ketika menanggapi polemik bentuk tugu pamulang di masyarakat, karena dianggap tidak sesuai dengan yang direncanakan.

“Jadi kami berpikir juga untuk optimasi, kami juga izin sampaikan ke Pak Wagub, Pak mohon izin yang ini jangan dibongkar,” ungkapnya.

Terlebih lagi, kata Tranggono, Pemerintah Provinsi Banten tengah mewacanakan revitalisasi Tugu Pamulang dan merencanakan sayembara untuk bentuk baru tugu tersebut.

“Jadi jangan ada dibongkar terus nanti bangun lagi. Jadinya kan mubazir itu,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, tugu tersebut hanya berupa tiang-tiang yang disusun melingkar. Tampak di bagian atasnya terpasang kubah berukuran sedang berwarna putih.

Tak ada ornamen atau hiasan apa pun pada tugu yang disebut-sebut sebagai ciri khas kawasan Pamulang itu.

Sementara itu, pada rancangan yang beredar, tampak tugu itu seharusnya akan berbentuk heksagon dengan kubah kecil atasnya. Terdapat pula ornamen yang menghiasi tiang-tiang tugu.

Namun, Pemprov Banten menyebut desain Tugu Pamulang yang beredar di media sosial itu merupakan rancangan terbaru, setelah pemerintah kota meminta perubahan bentuk.