Kemenhub pastikan Sejumlah Bandara Akan Segera Terapkan Pelayanan Tes GeNose

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan empat bandara segera melayani tes GeNose per 1 April 2021.

“Tahap awal di Palembang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya,” ujar Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, 29 Maret 2021.

Keempat bandara tersebut diantaranya yaitu Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Adita menjelaskan GeNose akan menjadi alternatif atau pilihan dari tes-tes kesehatan lainnya yang berlaku saat ini. Ia menekankan bandara yang membuka layanan screening GeNose akan tetap menyediakan tes usap dengan metode PCR dan rapid test antigen.

GeNose adalah alat tes screening Covid-19 yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada. Berbeda dengan swab PCR dan test rapid antigen, metode pengetesan GeNose menggunakan sampel yang diambil dari embusan napas.

Sebelum diterapkan di bandara, GeNose sudah lebih dulu digunakan di stasiun kereta api jarak jauh seusai mengantongi izin penggunaan dan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Di stasiun, layanan tes GeNose dilego Rp 30 ribu.