Software Akuntansi Paling Diminati di Indonesia

Grahanusatara.co.id, Tangsel – Mencari software akuntansi terbaik bagi bisnis Anda adalah tugas yang challenging, karena setiap software akuntansi memiliki keunggulannya masing-masing. Software akuntansi merupakan salah satu perangkat lunak yang paling penting bagi bisnis apapun di Indonesia. Berikut 3 software Akuntansi paling diminati di Indonesia.

Accurate

Accurate menghadirkan dua jenis paket software akuntansi untuk pelaku bisnis yang ingin mengotomatiskan manajemen keuangan mereka, yakni Accurate Online dan Accurate 5 Desktop. Accurate Online hanya mengharuskan pelanggannya untuk berlangganan setiap bulan dan menyimpan data mereka di sistem cloud, sedangkan Accurate 5 Desktop mengharuskan penggunanya untuk membeli software ini di awal dan menyimpan data di komputer mereka.

Accurate lebih cocok digunakan sebagai sistem pembukuan untuk back office, akan tetapi software ini juga dapat digunakan untuk mengelola penjualan. Beberapa fitur andalan software ini di antaranya yakni manajemen surat penawaran, manajemen pesanan penjualan, pembuatan surat jalan, pembuatan faktur, dan manajemen piutang. Meskipun Accurate juga dapat membaca barcode melalui scanner, namun sistem ini tidak bisa mencetaknya.

Zahir

Zahir merupakan salah satu software akuntansi tertua di Indonesia yang melayani berbagai jenis bisnis. Ada beberapa jenis paket yang ditawarkan oleh Zahir Accounting, yakni Zahir Online untuk bisnis jasa dan manufaktur, Zahir Essential untuk distribusi dan perdagangan, Zahir Professional untuk kontraktor dan produsen, Zahir Enterprise untuk perusahaan-perusahaan besar, dan Zahir On Premise untuk perusahaan besar dan menengah.

Beberapa fitur andalan dari Zahir untuk bisnis kecil dan menengah di antaranya yakni manajemen penjualan, manajemen pembelian, pembayaran piutang, pembayaran utang, dan manajemen kas. Sedangkan untuk perusahaan-perusahaan enterprise, Zahir menawarkan lebih banyak fitur yang mencakup persediaan, pengelolaan warehouse, dan manajemen aset.

Jurnal

Jurnal menyediakan software akuntansi berbasis awan yang lebih cocok digunakan oleh berbagai bisnis berskala kecil dan menengah di Indonesia. Tanpa biaya instalasi di awal, aplikasi keuangan Jurnal dapat diakses dari mana pun dengan menggunakan Internet.

Jurnal menyediakan berbagai fitur penting seperti pelaporan lengkap dan real time, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pelacakan persediaan, dan manajemen aset. Aplikasi akuntansi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun bank mereka melalui fitur Cash Link.