Lakukan Genose Test Sebelum Naik Kereta Api, Begini Tata Cara dan Syaratnya!

Grahanusantara.co.id, Jakarta – GeNose test sudah bisa jadi syarat perjalanan kereta jarak jauh per hari ini. Sampel yang diambil melalui embusan napas itu bisa jadi pilihan lain calon penumpang untuk deteksi COVID-19.

Di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, layanan GeNose Test di stasiun ini diserbu penumpang meskipun berjalan tertib. Untuk bisa melakukan tes itu ada syaratnya lho.

Kepala Stasiun Pasar Senen, Danan Jaya mengatakan syarat untuk melakukan GeNose test hanya perlu kode booking atau bukti pemesanan tiket dan kartu identitas (KTP).

“Syaratnya mudah ya tinggal ngambil nomor antrean, terus tinggal tunjukkin tiket yang sudah dipesan, (sama KTP) iya, sudah itu saja,” kata Danan ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

Selain itu, calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan melalui GeNose disarankan agar tidak merokok, makan dan minum selain air putih selama rentang waktu 30 menit sampai 1 jam.

“Itu anjurannya, kalau nggak kayak gitu nanti hasilnya takutnya kurang akurat, nanti yang harusnya negatif jadi positif misalnya, bingung sendiri,” ucapnya.

Dikarenakan melalui embusan napas, pemeriksaan GeNose ini dilakukan sendiri oleh calon penumpang yang sudah dibagikan kantong napas sesuai namanya. Selama pemeriksaan, calon penumpang diinstruksikan oleh petugas agar pengambilan sampel napas sesuai. Ada juga tiga layar televisi yang memutarkan video cara pemeriksaan GeNose.

“Lakukan tiga kali ambil dan buang napas, pembuangan napas yang ketiga dimasukkan ke kantong udara sampai penuh ya. Setelah penuh, katup T-valve ditutup lagi,” begitu instruksi petugas.

Setelah dilakukan pemeriksaan, calon penumpang diminta untuk menunggu di kursi pengambilan hasil Genose test. Setelah memegang hasil tes yang menunjukkan negatif COVID-19, baru bisa berangkat ke tempat tujuan.