Lakukan Cara ini Jika Ada Konflik di Tempat Kerja

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Di tempat kerja, kamu akan berkumpul dan bekerjasama dengan orang dari latar belakang yang berbeda. Dan cara pandang masing-masing orang pun berbeda. Kedua hal tersebut menjadi salah satu pemicu konflik di lingkungan pekerjaan. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari masalah personal, hingga perbedaan pendapat.

Apapun konflik yang sedang terjadi, hal tersebut akan memicu penurunan produktivitas atau performa kerja secara menyeluruh. Oleh karena itu, sekecil apa pun konflik yang terjadi, harus diselesaikan secepatnya agar tidak berimbas pada kinerja karyawan lain. Lalu, bagaimana cara menghadapi konflik di tempat kerja? Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Turunkan Ego Pribadi
Salah satu pemicu konflik di tempat kerja adalah tingginya ego masing-masing pekerja. Cara menghadapi konflik di tempat kerja yang pertama adalah menurunkan ego masing-masing pihak. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan merasa benar, cobalah untuk memahami lawan. Mengalah bukan berarti kalah. Menurunkan ego akan membuat suasana kerja kembali kondusif.

2. Coba Mendengarkan
Setelah menurunkan ego masing-masing pihak, cara menghadapi konflik di tempat kerja selanjutnya adalah mencoba mendengarkan keluh kesah. Konflik biasanya terjadi karena kesalahpahaman akibat kedua belah pihak tidak saling mendengarkan dan memahami pendapat masing-masing. Saat mencoba mendengarkan, jangan potong pembicaraan pihak yang sedang berbicara, ya. Hal tersebut dapat memancing keributan kembali.

3. Fokus pada Konflik
Cara menghadapi konflik di tempat kerja selanjutnya dapat dilakukan dengan fokus pada konflik, bukan perasaan pribadi. Buat konflik tetap pada koridornya tanpa menjatuhkan orang lain secara personal. Jangan pernah mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan pihak lawan. Penyelesaian konflik bukan menentukan siapa yang benar atau salah, tetapi untuk membuat suasana kerja lebih kondusif seperti sedia kala.

4. Libatkan Atasan
Setiap konflik yang terjadi, harus ada penengah. Jika kamu dan kolega yang berkonflik memiliki jabatan yang sama, coba libatkan atasan sebagai penengah. Posisi atasan yang lebih tinggi dan netral dapat menyesuaikan dan menentukan bagaimana langkah mengatasi konflik sesuai dengan masalahnya sendiri. Perlu diketahui, konflik dalam dunia kerja adalah hal yang umum terjadi. Jadi, atasi dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi penurunan produktivitas masing-masing pekerja, ya.

Itulah sejumlah cara menghadapi konflik di tempat kerja. Tidak jarang konflik di tempat kerja membuat seseorang stres, sehingga sangat malas untuk pergi bekerja.