Jauh-jauh Hari Gus Dur Telah Ingatkan Soal FPI

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Presiden Republik Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sudah jauh-jauh hari mengatakan akan bubarnya ormas FPI.

Benar saja, apa yang diinginkan Gus Dur dan mayoritas umat Islam lainnya akhirnya terwujud di akhir tahun 2020, setelah Mahfud MD selaku Menkopolhukam secara resmi membubarkan FPI pada selasa 30/12/2020 lewat konfernsi pers di Jakarta.

Mengutip dari postingan Ketua Lakpesdam PBNU, Rumadi Ahmad. Menurutnya Gus Dur dulu pernah ditanya oleh seorang wartawan pada 2008, mengenai Gus Dur yang berseloroh ingin membubarkan FPI.

Para wartawan penasaran dan bertanya: “Gus, bagaimana cara membubarkan FPI?”. mendengar pertanyaan tersebut Gus Dur dengan spontan menjawab: “Cara kok ditanya”.

Bingung dengan jawaban Gus Dur, para wartawan kembali bertanya: “kalau gak mau bubar gimana Gus?”, Gus Dur dengan cerdik menjawab “nanti juga bubar sendiri”.

Keinginan Gus Dur membubarkan FPI sudah lama, “saya akan lebih berterima kasih kalau FPI dibubarkan, saya minta FPI dibubarkan, kalau tidak ya kita bubarkan sendiri. Memangnya hanya pemerintah yang bisa bertindak, ucapnya di lain kesempatan.

Sebelumnya diketahui bahwa FPI pernah berseteru dengan Gus Dur, terutama dari imam besar FPI yakni Habib Rizieq Shihab.

Waktu Gus Dur jadi Presiden, dia ingin membubarkan FPI tapi mengapa Gus Dur yang bubar?. Bukan FPI yang akan bubar, tapi kami yang akan membubarkan Gus Dur,” seru Habib Rizieq di markas FPI di Jl Petamburan III, Slipi, Jakarta, Senin (2/6/2008).

Tetapi kini semua pernyataan Gus Dur soal FPI akhirnya jadi kenyataan. Bahwa FPI per hari ini telah resmi dibubarkan dan dilarang kegiatannya oleh Pemerintah. “Entah suatu kebetulan atau tidak, pembubaran FPI bertepatan dengan haul Gus Dur ke 11.” Pungkas dari Ketua Lakpesdam PBNU tersebut.