Cara Alami Menghilangkan Jerwat Di Wajah

Jerawat merupakan salah satu yang menjadi masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman serta dapat menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara mengatasi jerawat bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit.

Merawat Kulit Secara Alami

Salah satu cara untuk mengatasi kulit berjerawat dengan melakukan perawatan wajah secara alami. Berikut langkah-langkah yang bisa lakukan untuk menghilangkan jerawat anda.

Mencuci Muka

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, anda sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin. Minimal dua kali sehari, dan yang paling jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan berolahraga.

Menggunakan Pelembab Wajah

Langkah lain yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kelembapan kulit wajah anda, salah satunya dengan mengoleskan pelembap ke wajah anda. Kondisi wajah yang lembap dapat menghambat peningkatan produksi minyak.

Gunakan Tabir Surya

Setelah mengoleskan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan juga tabir surya. Hal ini karena pada sebagian orang, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat. Tetapi, karena pada umumnya tabir surya bersifat comedogenic, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis tabir surya yang cocok untuk kulit anda.

Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat secara Alami

Selain rutin melakukan perawatan kulit dengan benar, Anda juga dapat mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

Es Batu

Es dapat membantu anda mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat Anda.

Putih Telur

Putih Telur tidak hanya dapat membantu anda mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga dapat mengencangkan kulit serta mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, diamkan selama 10 menit. dan bilas dengan air hingga bersih.

Madu

Madu juga dapat dimanfaatkan sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Setelah itu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, pasangkan campuran tersebut ke wajah anda secara merata. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mentimun

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa mentimun memang banyak manfaatnya bagi tubuh anda, dan selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat anda, serta dapat memberikan kedinginan pada wajah anda.

Agar perawatan dapat membuahkan hasil yang luar biasa, anda sebaiknya juga memperbaiki pola hidup anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain dari itu, anda harus beristirahat secara rutin, berolah raga, serta menghindari stress.