Tips Memilih Pakaian Berolahraga

Grahanusantara.co.id – Anda suka berolahraga raga? Tapi tahukah Anda bahwa jenis pakaian berolahraga pun penting agar olahraga menjadi optimal.

Ulasan kali ini akan membahas tentang, cara memilih pakaian olahraga yang tepat dan sesuai:

  1. Cek Jenis Kain

Untuk setiap kegiatan yang berbeda, pastinya dibutuhkan pakaian yang berbeda pula. Saat berolahraga, usahakanlah untuk memilih jenis pakaian yang mudah menyerap keringat. Ada banyak jenis pakaian yang dapat kamu pilih, salah satu yang baik untuk aktivitas tinggi adalah kain yang mengandung mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex. Karena kain jenis ini memiliki kemampuan untuk membuat keringat cepat menguap sehingga tubuh tetap sejuk. 

Beberapa pakaian olahraga biasanya terbuat dari bahan katun, karena katun memang dapat menyerap keringat dengan baik. Sayangnya, katun tak bisa menguapkan keringat kembali sehingga membuat pakaian terasa berat dan lembab.

Jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis pakaian dengan pori-pori kecil atau bahkan yang tak memiliki pori-pori kain. Seperti pakaian yang terbuat dari bahan karet dan plastik. Pasalnya pakaian dengan bahan ini akan membuat keringat sulit menguap, alhasil suhu tubuh mungkin akan cenderung tinggi selama berolahraga.

  1. Ukuran

Tetunya menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh akan sangat mengganggu. Untuk menghidarinya, pilihlah pakaian olahraga yang tidak terlalu longgar pun tidak terlalu ketat saat dikenakan.

Namun untuk langkah yang satu ini, kamu harus menyesuaikan pakaian dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Saat akan bersepeda, hindarilah mengenakan celana yang panjang dan terlalu longgar agar tidak tersangkut pada pedal. Sementara untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan seperti aerobik, pilihlah pakaian yang dapat membuat kamu lebih leluasa.

  1. Mau dipakai kapan?

Salah satu kunci untuk memilih pakaian olahraga yang tepat adalah dengan mengetahui kapan ia akan dikenakan. Misalnya untuk berolahraga di saat musim dingin, maka pilihlah pakaian yang tidak terlalu tipi sehingga dapat menjaga tubuh tetap hangat.

Saat berolahraga di luar ruangan, faktor musim dan cuaca harus sangat diperhatikan. Jika sedang musim panas, pilihlah pakaian yang tidak “mengekang” sehingga kulit dapat tetap bernapas.

  1. Pilih warna

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus terkait pemilihan warna pakaian saat berolahraga. Kendati demikian, faktanya memilih warna yang disukai saat beraktivitas dapat meningkatkan mood dan semangat seseorang. Termasuk saat akan berolahraga.

Sehingga, memilih pakaian olahraga dengan warna kesukaan adalah satu hal yang dapat kamu pertimbangkan. Namun tetap pastikan jenis kain dan ukuran sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan, ya.

  1. Jangan lupa sepatu

Selain baju dan celana, sepatu adalah hal yang juga penting saat berolahraga. Untuk menghindari cedera saat berolahraga, pilih jenis sepatu yang sesuai dan tidak mengganggu gerakan tubuh.

Hindari menggunakan sepatu yang memiliki daya redam rendah. Sebab pilihan sepatu tersebut dapat membahayakan kaki dan tulang saat melakukan gerakan. Gunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga.