7 Fitur Baru WhatsApp, Yuk Intip

Grahanusantara.co.id – Aplikasi WhatsApp terus memperbaharui fitur-fitur nya tidak hanya itu, bahkan terus menambahkan fitur-fitur baru guna mempertahankan eksistensi di era komunikasi virtual seperti saat ini.

Tahun 2020, WhatsApp memiliki beberapa fitur baru yang telah resmi dirilis maupun yang masih dalam tahap pengembangan. Namun, banyak diantara para pengguna yang masih belum mengetahui kabar gembira ini.

Kehadiran fitur-fitur baru tersebut tentunya jangan sampai terlewatkan karena akan semakin mempermudah aktivitas berkirim pesan penggunanya. Berikut ini fitur WhatsApp terbaru yang jarang diketahui:

1. Search on The Web

Fitur Search on The Web mempermudah pengguna WhatsApp untuk mencari tahu kebenaran informasi dari setiap forward chat. Jika forward chat tersebut telah diteruskan sebanyak 4 kali, simbol ‘search’ akan otomatis muncul di samping kolom chat.

Sayangnya, fitur ini baru dapat diakses pengguna WhatsApp di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, dan Inggris.

2. Dark Mode

Awal Maret lalu (5/3/20) fitur Dark Mode aplikasi WhatsApp sudah dapat digunakan para pengguna di Indonesia. Dark Mode memang menjadi salah satu fitur yang paling dinanti-nanti pengguna WhatsApp sejak lama. Fitur ini dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.20.64 dan iOS versi 2.20.30.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, buka menu Settings, kemudian buka menu Chats, klik menu Theme dan aktifkan Dark Mode. Tidak hanya tampilan yang gelap, fitur ini juga diklaim dapat menghemat penggunaan daya perangkat Anda.

3. Dark Solid Colors

Setelah memperbaharui aplikasi WhatsApp di Android menjadi versi Beta 2.20.31, pengguna juga dapat mengaktifkan warna background lain untuk fitur Dark Mode.

Sebelum menerapkan fitur ini, pastikan fitur Dark Mode telah aktif, kemudian pilih menu Settings, setelah itu pilih menu Charts, klik menu Wallpaper dan klik Solid Color. Ada beberapa warna lain yang tersedia selain hitam, seperti merah, biru, hijau, dan abu-abu.

4. Self-Destructing Messages

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, Self Destructing Messages adalah fitur yang juga paling ditunggu-tunggu para pengguna WhatsApp. Jika sebelumnya aplikasi ini hanya menyediakan fitur ‘menarik pesan’ yang dinilai kurang efektif, kini pengguna bisa mengakses fitur ‘menghapus pesan’.

Fitur ini dapat membuat penggunanya menghapus pesan secara langsung atau mengatur waktu penghapusannya, mulai dari satu jam sampai satu tahun.

5. Multi-Device Support

Multi-Device Support memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp di beberapa perangkat dengan satu akun. Namun, pengguna masih harus bersabar karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, Multi-Device Support juga dapat melakukan sinkronisasi riwayat obrolan untuk menyalin semua obrolan dari perangkat sebelumnya.

6. QR Code

Kehadiran fitur QR Code membuat pengguna WhatsApp tidak perlu harus menambahkan kontak jika ingin mengirim pesan kepada orang baru. Cara mengakses fitur ini, pilih menu Settings, kemudian klik simbol QR Code di samping kolom Profile. Pada tampilan tersebut, akan ada kolom QR Code WhatsApp Anda dan juga kolom scanning barcode.

7. Search by Date

Fitur Search by Date akan memudahkan para pengguna WhatsApp untuk mencari pesan berdasarkan tanggal yang diinginkan. Cara mengakses fitur ini, pengguna hanya perlu membuka salah satu chat room dan memilih menu Search.

Setelah itu, akan ada tampilan seluruh isi pesan di chat room tersebut yang telah dikelompokkan berdasarkan tanggalnya.