Aplikasi Kirim Pesan Sebelum Era WhatsApp

Grahanusantara.co.id – Media komunikasi sudah menjadi hal yang lumrah diberbagai kalangan, dengan mudah bisa berkomunikasi menggunakan WA, Line, dan sebagainya.

Tahukan Anda, bahwa sebelum era WA sudah ada aplikasi media komunikasi yang mungkim sudah mulai ditinggalkan, simak ulasannya disini.

  1. Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger resmi ditutup pada tahun 2018. Di tahun yang sama, Yahoo mengeluarkan aplikasi messaging lain yakni Yahoo Together. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang dulunya juga mengurus Yahoo! Messenger. Sama dengan pendahulunya, untuk mengakses Yahoo Together harus menggunakan akun Yahoo.

  1. Mig33

Aplikasi Mig33 mirip-mirip dengan aplikasi messaging lainnya. Pengguna bisa mencari teman, membuat grup dan interaksi lainnya. Namun Mig33 kalah saing dengan layanan pesan seperti WhatsApp dan LINE. Akhirnya, Mig33 tampil dengan style baru bernama Migme di tahun 2014, tetapi popularitas aplikasi tersebut tampak sulit menyalip aplikasi chat lainnya.

  1. mIRC

‘ASL PLS’, kalau nggak paham istilah ini maka fix kamu bukan pengguna mIRC sejati. Sayangnya, keseruan bergaul dengan teman dari penjuru kota di aplikasi ini sudah tidak bisa dinikmati sejak 2010 dan tidak diketahui kenapa. Hmm mungkin kalah bersaing dengan aplikasi lain yang sudah lebih populer.

  1. eBuddy

Di era 2000-an, banyak anak SMP-SMA yang keranjingan main eBuddy. eBuddy mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan, di antaranya Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, AIM, dan ICQ.