Walikota Solo akan Bagikan Smartphone untuk Siswa Tak Mampu, Gibran Ada Program Apa?

Grahanusantara.co.id, Solo – FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo, akan membagikan smartphone atau ponsel pintar gratis kepada siswa miskin, guna mendukung kegiatan belajar online.

FX Rudy mengaku menerima banyak keluhan dari siswa, terutama kalangan menengah ke bawah. Banyak siswa yang mengaku kesulitan karena tidak punya ponsel sendiri.

“Yang minta itu anak-anaknya, bukan orang tuanya. Banyak yang mengeluh karena tidak punya HP,” kata Rudy di Solo, Minggu (16/8/2020).

Mantan pendamping Presiden Jokowi kala menjadi walikota Solo ini, mendata ada sekitar 1.500 siswa miskin di Solo. Namun jumlah tersebut masih akan disaring agar program tersebut betul-betul tepat sasaran.

“Dari 1.500 anak, akan kita saring. Saya cek dulu, sudah punya HP apa belum. Diutamakan yang tidak punya HP dan orang tuanya juga tidak punya,” kata dia.

Apabila orang tua murid sudah memiliki ponsel, Rudy meminta agar orang tua menggunakannya untuk sekolah anaknya terlebih dahulu daripada untuk kegiatan yang tidak penting.

Rudy mengaku telah banyak pihak yang bersedia membantu Pemkot Solo untuk pengadaan ponsel. Antara lain ialah beberapa perusahaan melalui program tanggung jawab sosialnya.

Mengenai penerapan sekolah tatap muka, Rudy memperkirakan akan memulainya pada semester genap Januari mendatang. Hal ini dilakukan agar potensi penularan COVID-19 semakin kecil.