Cara Mudah Tumbuhkan Rambut Bayi

Grahanusantara.co.id – Beberapa orangtua mungkin senang melihat seorang bayi berkepala pelontos atau botak dan beberapa lainnya mungkin sebaliknya, menginginkan anak atau bayinya memiliki rambut.

Persalinan adalah peristiwa yang membuat stres tidak hanya pada ibu, tetapi juga bayi. Dan stres ini dapat berkontribusi pada efluvium telogen dan kerontokan rambut. Bayi mungkin mengalami kerontokan di bagian belakang kepala karena kulit kepala bergesekan dengan permukaan keras mulai dari kasur ataupun kereta bayi. 

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi:

  • 1. Lidah Buaya 

Pasti sudah pernah mendengar informasi kalau lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa untuk rambut dan kulit. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi. Caranya ambil daging buaya dan cucikan pada rambut bayi.

  1. Minyak Zaitun

Cara menebalkan rambut bayi juga bisa dilakukan dengan meminyaki rambut anak dengan minyak zaitun. Tidak perlu terlalu banyak, secukupnya saja mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Menebalkan rambut bayi tidak semata dilakukan dengan cara perawatan rambut dan kulit kepala saja, tetapi juga menjaga pola makannya. Pastikan konsumsi makanan anak tetap bernutrisi sesuai dengan kebutuhannya. 

Setelah bayi mulai makan-makanan padat atau setengah padat, penting untuk memasukkan sebanyak mungkin makanan bergizi ke dalam makanannya. Salah satunya adalah makanan yang kaya akan vitamin D. Vitamin ini mendorong pertumbuhan rambut. Sayuran, seperti labu dan ubi baik untuk pertumbuhan dan ketebalan rambut anak.

  1. Memotong Rambut Anak Secara Perkala

Memotong rambut/trim dapat membantu pertumbuhan rambut. Jangan merasa sayang untuk memotong rambut anak, toh rambutnya akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu.

  1. Perhatikan Jadwal Keramas

Ternyata, terlalu sering mencuci rambut bayi juga bisa membuat kulit kepala kering. Ada baiknya orangtua mulai memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut bayi. Pastikan juga produk yang digunakan aman dan sesuai dengan kulit kepala anak.