Ejakulasi Dini Primer Vs Sekunder, Apasih Bedanya?

Grahanusantara.co.id – Ejakulasi dini merupakan kondisi saat pria mengalami klimaks dalam waktu yang terlalu cepat saat berhubungan intim. Saat pria mengalami ejakulasi dini, hal tersebut akan mengakibatkan pasangan tidak mencapai klimaks, dan tidak mendapatkan kepuasan seksual saat berhubungan intim. Setiap pria mungkin pernah mengalami ejakulasi dini. Jika sesekali terjadi, hal tersebut bukanlah hal yang mesti dikhawatirkan secara berlebihan.

Ejakulasi dini primer merupakan gangguan ejakulasi yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Masalah ini biasanya dialami sejak hubungan intim pertama kali, dan menjadi masalah di sepanjang kehidupan berhubungan intim pasangan. Hal ini akan berujung pada gangguan psikologis dan rasa cemas terhadap aktivitas seksual yang akan dilakukan karena pengalaman traumatik yang selalu dialami.

Sedangkan ejakulasi dini sekunder memiliki gejala yang hampir sama dengan ejakulasi dini primer. Bedanya, pengidap pernah mengalami kualitas hubungan intim yang baik dan memuaskan sebelum terjadinya ejakulasi dini sekunder. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penggunaan obat jenis psikotropika, gangguan disfungsi ereksi, serta rasa cemas yang berlebihan saat berhubungan intim.