Kenali Masa Pubertas Anak

Grahanusantara.co.id – Pubertas merupakan suatu proses yang terjadi selama beberapa tahun. Sebagian besar anak perempuan menyelesaikan pubertas pada usia 14 tahun. Kebanyakan anak laki-laki menyelesaikan pubertas pada usia 15 atau 16 tahun.

Pada anak perempuan perubahannya adalah pertumbuhan payudara, rambut mulai tumbuh di daerah kemaluan dan ketiak serta kaki, pertumbuhan jerawat, dan menstruasi. Sedangkan pada anak laki-laki, tanda pubertas pertamanya adalah peningkatan ukuran testis dan penis, rambut mulai tumbuh di area kemaluan dan ketiak, sejumlah kecil jaringan payudara berkembang, suara yang semakin dalam, otot-otot menguat, pertumbuhan jerawat, dan rambut wajah. 

Tidak semua anak mengikuti pola perkembangan seksual yang sama. Beberapa anak perempuan payudaranya pada usia yang sangat muda, tetapi tidak memiliki tanda-tanda lain perkembangan seksual. 

Beberapa anak memiliki rambut kemaluan dan ketiak jauh sebelum mereka menunjukkan tanda-tanda lain pertumbuhan seksual. Perubahan pola ini biasa terjadi. Sebagian besar pubertas mengikuti rentang usia yang sama. Namun, ada yang namanya pubertas dini (onset dini) dan pubertas yang tertunda.

Dalam kebanyakan kasus, pubertas dini hanyalah variasi dari pubertas normal dan biasanya ada penjelasan medis untuk kondisi tersebut. Bicarakan dengan dokter ketika seorang anak perempuan payudara dan rambut kemaluannya berkembang sebelum usia 7 atau 8 tahun.

Bicaralah dengan dokter jika seorang anak laki-laki mengalami peningkatan ukuran testis atau penis sebelum usia 9 tahun. Untuk kondisi pubertas yang tertunda, kadang-kadang disebabkan oleh alasan medis. Misalnya, kekurangan gizi (kurang makan jenis makanan yang tepat).