9 Cara Kreatif Mengatasi Bosan Saat di Rumah

Ada kalanya kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Misalnya, seperti saat pandemi covid-19 ini, atau karena pemulihan pasca-sakit atau karena hal lain yang mengharuskan kamu untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan, jenuh, dan semacamnya. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental, lho sob.

Nah, untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat.

Nah, kali ini Graha Nusantara akan memberika bebrapa tips bermanfaat untuk mencairkan suasana jenuh yang  lagi sobat alami. Baca terus ya…

1. Belajar Memainkan Alat Musik

Ketika memiliki waktu luang di rumah, saatnya untuk mempelajari hal baru. Misalnya kamu bisa belajar memainkan alat musik entah itu gitar, piano, drum atau biola atau alat musik lainnya.

Tau gak, bermain alat musik dengan baik itu ada banyak manfaatnya sob. Selain memberikan efek yang menenangkan, bermain alat musik juga sebenarnya menambah tingkat konsentrasi dan mengasah kecerdasan kita juga.

2. Membaca Buku

“Buku adalah jendela dunia” membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menghasilkan banyak manfaat.

Selain dapat memperluas pengetahuan, meluangkan waktu untuk membaca buku juga dapat menghilangkan stres, Sob Gra-Nus.

3. Menulis

Kapan terakhir kali kamu menulis sesuatu di atas kertas? Jika kamu jenuh menulis di gadget atau komputer, kamu dapat melakukan aktivitas menulis di rumah. Kamu bisa menulis puisi, cerita, diary, atau lirik lagu.

selain melatih kita untuk terampil menyusun kata-kata. Menulis juga sebenarnya juga dapat menjadi alat kita untuk mengabadikan setiap momen, gagasan dan lain-lain. Yang nanti suatu saat ketika kita baca kembali akan membawa kenangan pada masa saat kita menulis hal-hal ini.

4. Olahraga

Rutinitas kantoran mungkin tidak membuat tubuh kamu aktif bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat kamu malas dan tidak sehat.

Selagi di rumah, luangkan lah waktu kamu dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh kamu.

5. Belajar Memasak

Jangan biarkan dapur kamu berdebu! Walaupun sekarang banyak orang yang sering memesan makanan lewat online, alangkah baiknya untuk berhemat dan meningkatkan skill memasak kamu sendiri!

Memasak dapat meningkatkan kreativitas, dan jika kamu sudah pede dengan masakan kamu, kamu memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat makanan loh!

6. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Berkebun di rumah juga merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke wisata alam karena rutinitas yang sibuk.

Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah kamu indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk.

7. Bermain dengan Peliharaan

Bermain dengan peliharaan kamu di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Tidak hanya sebagai teman bermain, memelihara hewan juga memberikan hal yang positif bagi kamu seperti, menumbuhkan ikatan dengan peliharaan, bertanggung jawab, dan kejenuhan kamu akan hilang melihat tingkah lucu si hewan peliharaan.

8. Bebenah Rumah

Pekerjaan kantoran memang melelahkan hati dan pikiran. Terlebih melihat kondisi rumah yang berantakan setiba di rumah.

Oleh karena itu ada baiknya untuk memanfaatkan waktu luang kamu dengan membenah rumah kamu.

Selain membuat suasana rumah menjadi enak dilihat, bebenah juga dapat membuat tubuh kamu aktif dan dapat membakar kalori hanya dengan melakukan aktivitas menyenangkan ini

9. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah. Meditasi sering dianggap sepele oleh banyak orang karena aktivitasnya yang dianggap kalah mengasyikkan dibanding olahraga.

Meditasi tidak hanya sebatas menyehatkan mental saja, tetapi juga dapat manfaat dari segi fisik seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi insomnia.