oleh

Kenali 2 Hal Penting Sebelum Memulai Investasi

Grahanusantara.co.id – Investasi memiliki merupakan hal penting dalam finansial, baik jangka panjang ataupun pendek.

Hal ini didasarkan pada persiapan kedepannya kehidupan seseorang baik untuk membangun usaha, pendidikan, rumah, dan sebagainya.

Sebelum Anda berinvestasi, sebaiknya kenali kiat-kiat penting agar tidak salah dalam menyiapkan investasi.

Miliki Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Sebelum mulai investasi, sebaiknya tentukan di awal apa saja tujuan keuangan jangka panjang yang ingin Anda wujudkan. Misalnya, membeli rumah, persiapan dana menikah, pendidikan anak, kendaraan hingga tabungan dana pensiun.

Dengan memiliki tujuan jangka panjang yang jelas, diharapkan Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat ketika investasi. Setelah itu, niatkan dan bangun mindset investasi yang positif yaitu menjadi investor yang terus belajar berbagai strategi investasi saham, disipilin menyisihkan uang untuk investasi dan sabar menanti hasilnya.

Kenali Keuntungan & Risiko Investasi Saham

Pahami sejak awal bahwa semua jenis investasi memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Ada dua jenis keuntungan yang akan diperoleh investor saham yaitu capital gain dan pembagian deviden.

Arti dari capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual saham. Sedangkan, pembagian deviden adalah keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada investor sesuai dengan porsi kepemilikan masing-masing.

Sementara itu, risiko investasi saham antara lain dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti kondisi bisnis perusahaan (emiten) saham, kondisi perekonomian hingga situasi global. Namun, semua risiko investasi ini dapat diminimalisir, misalnya dengan cara membeli saham-saham yang memiliki prospek dan fundamental kuat.