Ini Jumlah Kekayaan 7 Presiden Indonesia!

Graha Nusantara, Jakarta – Kekayaan menjadi salah satu topik yang menarik perhatian masyarakat. Tak jarang pula yang penasaran dengan kekayaan orang-orang nomor satu di Indonesia.

Berikut daftar kekayaan tujuh presiden Indonesia:

1. Soekarno

Hingga jumlah pasti kekayaan presiden Indonesia pertama ini masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 mengungkapkan Soekarno memiliki kekayaan sebesar US$ 180 miliar yang dirinya simpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

2. Soeharto

Menurut Time Warner Inc yang merupakan lembaga keuangan internasional menyebutkan Soeharto memiliki kekayaan sebesar US$ 15 miliar. Ketika dirinya lengser pada tahun 1998, The United States Treasury menemukan terdapat perpindahan uang sebesar US$ 9 miliar ke bank di Austria.

3. B.J. Habibie

Kekayaan presiden ketiga Indonesia ini masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, Asia Far Eastern Economic Review yang merupakan sebuah media cetak pernah menyebutkan B.J. Habibie memiliki kekayaan sebesar US$ 60 juta.

4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001, pria yang kerap disapa Gus Dur tersebut memiliki harta besar Rp3,49 miliar. Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan, transportasi, logam mulia, surat berharga, hingga giro dan kas.

5. Megawati

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, Megawati memiliki harta sebesar Rp96,16 miliar. Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan bernilai Rp36 miliar, transportasi berjumlah Rp1 miliar, surat berharga bernilai Rp33 miliar, serta giro dan kas dengan nilai Rp1 miliar.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, pria yang kerap disapa SBY tersebut memiliki harta sebesar Rp13,98 miliar. Kekayaannya tersebut terdiri dari transportasi dengan nilai Rp500 juta, tanah dan bangunan dengan nilai Rp5 miliar, serta giro dan kas berjumlah Rp6 miliar.

7. Joko Widodo (Jokowi)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pria yang kerap disapa Jokowi tersebut memiliki harta berjumlah Rp50,24 miliar. Harta tersebut terdiri dari 20 unit tanah dan bangunan dengan nilai Rp43,88 miliar, kendaraan berjumlah 12 unit Rp1,08 miliar, serta harta bergerak lainnya Rp6,1 miliar. Ayah tiga orang anak tersebut juga memiliki utang sebesar Rp1,19 miliar.

Komentar