Pemerintah Pastikan Sampai Juni 2024 Harga BBM Tidak Naik!

Graha Nusantara, Jakarta – Pemerintah memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tak akan mengalami kenaikan hingga Juni 2024. Meskipun, harga minyak dunia tengah bergejolak karena konflik antara Iran dan Israel yang tengah berlangsung

“Sampai Juni tidak naik (harga BBM), itu sudah statement pemerintah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Mengenai situasi ini, Airlangga menyampaikan pemerintah akan terus memonitor kondisi untuk menyesuaikan anggaran subsidi energi apabila diperlukan. Pemerintah akan terus memantau selama 1-2 bulan ke depan.

“Kita monitor di harga minyak berapa. Kita terus melakukan exercise dan kita menjaga agar resource yang ada bisa dimanfaatkan. Tentunya subsidi tepat sasaran menjadi catatan bagi pemerintah,” ujar Airlangga.

“Kita melihat 1-2 bulan situasi seperti apa. Jadi kalau tidak ada eskalasi, kita berharap harga minyak bisa datar. Tetapi kalau ada eskalasi, tentu berbeda,” sambungnya.

Diketahui, sejak Sabtu (13/4) Iran melakukan penyerangan ke wilayah Israel melalui drone-drone dan misil-misilnya sejak Sabtu (13/4).  Kejadian ini merupakan serangan Israel pada fasilitas diplomatik Iran di wilayah Damaskus, Suriah pada awal April.

Pada serangan itu, 16 orang tewas termasuk dua jenderal Iran yaitu Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan Brigadir Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi.