Wisuda Tertunda Setahun, Mahasiswa Universitas Negeri Malang Kecewa dan Merugi

Graha Nusantara, Jakarta – Wisuda Universitas Negeri Malang (UM) ke-124 yang semula akan berlangsung 24 Februari 2023, diundur menjadi 11 Mei 2024. Beberapa mahasiswa mengalami kerugian sebab sudah menyiapkan beberapa keperluan.

Jamal Malik, salah satu calon wisudawan Prodi Bimbingan dan Konseling, merasa kecewa dengan pengunduran wisuda ini.

“Kami para mahasiswa bingung akan hal itu (penundaan wisuda), karena di antara wisudawan banyak yang sudah booking keperluan wisuda. Lalu bagaimana uang kami yang sudah hilang? Belum lagi kekecewaan orang tua kami,” kata Jamal, Rabu (28/2/2024).

Jamal merupakan salah satu mahasiswa yang mulanya akan wisuda pada Agustus 2023. Namun, dirinya merasa kecewa setelah pihak kampus menjadwalkan ulang pelaksanaan wisuda ke-124.

“Kalau saya rugi Rp 875 ribu, karena masih pesan hotel. Yang banyak itu rekan-rekan saya. Mungkin sekitar Rp 875 ribu sampai Rp 12 juta. Jika mendengar dari pengakuan teman-teman,” terangnya.

“Harapan saya mewakili teman-teman wisuda ke-124, UM tidak semena-mena lagi dalam menjadwalkan wisuda dan seenak hati mengundurkan jadwal wisuda. Karena UM akan dipandang jelek bagi orang-orang di luar. Dan UM bisa melakukan refund untuk kerugian yang dialami oleh wisudawan 124 karena pengunduran jadwal,” tandasnya.