Rencanakan Program Bagi Susu Gratis, Prabowo: Mungkin Harus Impor 1,5 Juta Sapi

Graha Nusantara, Jakarta – Prabowo Subianto yang merupakan capres nomor urut 2 membagikan strateginya dalam memenuhi pasokan susu di programnya. Prabowo merencanakan impor sapi perah hingga 1,5 juta ekor dalam memenuhi produksi susu yang akan dibagikan kepada anak-anak.

“Jadi, kita mungkin harus impor 1 juta atau 1,5 juta sapi. Dalam dua tahun dia akan melahirkan, kita akan punya 3 juta. Kira-kira begitu strategi kita,” ujar Prabowo, Kamis (4/1/2024).

Prabowo menyampaikan program bagi-bagi susu itu dibutuhkan bagi kurang lebih 82 juta anak Indonesia. Prabowo memperkirakan anak-anak tersebut akan mendapatkan susu gratis dengan 500 mililiter per orang atau sekitar 40 juta liter.

“Kita butuh untuk kasih susu ke anak-anak kita 82 juta anak kalau mereka minum 500 cc kita butuh berarti sekitar 40 juta liter berarti kita minimal perlu sapi perah ya minimal mungkin dua setengah juta,” ujarnya.

“Jadi sekarang saya katakan kita punya niat nggak kita punya kehendak politik atau tidak, kalau kita punya kehendak politik, ya sudah untuk 1, 2, 3, 4 tahun kita beli sapinya kita kembangkan di Indonesia,” sambungnya.

Diketahui, Prabowo Subianto membicarakan program susu gratis yang dirinya usung. Dirinya mengungkapkan program tersebut sudah dicoba dan berhasil di salah satu sekolah.

“Kita ada eksperimen yang sudah kita lakukan di sebuah sekolah waktu itu dikasih satu minggu lima hari dikasih tiga telor rutin tiap dua hari satu telor, setelah 6 bulan semua nilai akademisnya naik. Jadi ini terbukti anak-anak kita harus kita intervensi sekarang,” kata Prabowo, Kamis (4/1).

“Kita tidak bisa bicara teori-teori ya kan. Kita tidak bisa bicara terlalu banyak teori. Anak-anak kita terutama anak-anak orang yang ekonomi lemah kita harus berpihak sekarang, we can not wait,” ucapnya.

Tetapi Prabowo mengungkapkan program ini memerlukan kehendak pemerintah. Terutama, Indonesia harus memperbanyak sapi untuk memproduksi sendiri susu yang akan dibagikan.

“Jadi saudara-saudara masalahnya adalah punya kehendak atau tidak, kita kasih susu yang sehat untuk anak-anak kita. Masalah yang pertama ini kalau kita punya kehendak ya kita harus perbanyak kita punya populasi sapi di Indonesia,” ucap Prabowo.