Baim Wong Jual iPad Rp1 jutaan, Bea Cukai: Pelajari dan Penuhi Aturan-Aturan

Graha Nusantara, Jakarta – Nama Baim Wong ramai menjadi perbincangan selepas Baim menjual iPad seharga Rp1 jutaan. Dirinya mendatangi kantor pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Jumat, (29/12) dalam rangka menerangkan kepada Bea dan Cukai mengenai heboh dirinya.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Kementerian Keuangan Nirwala Dwi Heryanto menyampaikan pihaknya sudah mengkomunikasikan langsung kepada Baim Wong mengenai berita penjualan iPad yang ramai di sosial media. Nirwala turut memberikan saran kepada Baim agar mempelajari aturan-aturan terlebih dahulu mengenai penjualan barang elektronik di dalam negeri.

“Bea Cukai telah memberikan masukan kepada Baim agar sebelum menjual barang tersebut terlebih dahulu mempelajari dan memenuhi aturan-aturan penjualan barang elektronik yang diatur di dalam negeri,” terangnya dalam keterangannya, Sabtu (30/12/2023).

Baim diketahui telah menyerahkan dokumen terkait iPad yang dirinya jual. Bea dan Cukai akan memeriksa dokumen itu dalam rangka mengetahui keselarasan antara aturan dan dokumen.

“Bea Cukai selanjutnya akan meneliti dokumen yang disampaikan oleh Baim Wong, untuk melihat keselarasan dengan ketentuan,” jelasnya.

Nirwala turut menuturkan jika menurut keterangan Baim, iPad yang akan dijual Baim tersebut adalah barang bekas yang dibeli di dalam negeri. Seluruh transaksi turut dilakukan di dalam negeri.

“Baim Wong menjelaskan dan menunjukkan bukti bahwa atas iPad tersebut dibeli dari penjual di dalam negeri (transaksi dalam negeri). Jenis barangnya merupakan iPad generasi lama, yaitu iPad Air 2 16 GB second, WiFi Only,” tandas Nirwala.

Sebelumnya, Baim Wong menjadi perbincangan sebab menjual iPad murah Rp1 jutaan. Baim memperlihatkan sejumlah kardus yang berisi iPad dengan kemasan yang hanya dibungkus plastik transparan.

“Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta. Beneran nih ini namanya menyambut 2024 saya kasih hadiah. Udah lama nih kita nggak berbagi yang mantep banget bener bosque?” ujar Baim Wong di akun TikTok-nya.

Konten tersebut kemudian menjadi perbincangan di media sosial X atau Twitter yang menyebut tersebut merupakan iPad refurbished. Salah satu netizen dengan akun centang biru berharap Kementerian Keuangan dapat menindaklanjuti kegiatan impornya apakah legal atau ilegal.