CFO Intel Sebut Windows 12 akan Dirilis Tahun 2024

Graha Nusantara, Jakarta – Rumor beredar menyebutkan Microsoft akan meluncurkan Windows 12 di tahun 2024.
Kabar tersebut diungkapkan oleh Intel pada konferensi analis Citi yang berlangsung awal September lalu.

Pada acara itu, CFO Intel David Zinsner menyinggung perihal rencana Microsoft menyegarkan Windows pada tahun depan. Zinsner berasumsi konsumen akan upgrade perangkat PC-nya sebab Windows baru akan dirilis serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Intel.

“Kami berpikir tahun 2024 akan menjadi tahun yang cukup baik bagi klien, khususnya karena penyegaran terhadap Windows,” ujar Zinsner pada event tersebut, dikutip dari The Verge, Senin (9/10/2023).

“Kami masih berpendapat bahwa basis instalasi sudah cukup tua, dan membutuhkan penyegaran. Kami berpikir tahun depan mungkin akan menjadi awal dari hal tersebut mengingat Windows sebagai katalis,” tambahnya.

Komentar Zinsner tersebut datang beberapa bulan selepas bocornya referensi tentang Windows 12 dari dokumen internal Intel. Raksasa chip tersebut disebut tengah mempersiapkan prosesor Meteor Lake untuk Windows generasi berikutnya, yang kemungkinan bernama Windows 12.

Microsoft sendiri masih tak memberikan informasi mengenai Windows 12. Tetapi, perusahaan besutan Bill Gates tersebut telah  memberikan petunjuk jika Windows generasi berikutnya akan memiliki fitur yang ditenagai kecerdasan buatan (AI).

Tak hanya itu, Microsoft mempunyai kebijakan dalam perilisan update sistem operasi besar-besaran dalam tiga tahun. Windows 11 diluncurkan pada tahun 2021, sehingga logis apabila perilisan Windows 12 dilakukan tahun depan mengikuti siklus setiap tiga tahun.

Diketahui, adopsi Windows 11 masih sangat rendah dibandingkan dengan Windows 10 yang masih mendominasi. Berdasarkan data Lansweeper, tingkat adopsi Windows 11 pada Oktober 2023 sebesar 8,35% sementara Windows 10 masih menguasi dengan 80,56%.

Komentar