PDIP Harap DKI Tambah Koridor Busway dan Perketat Standar Emisi Demi Kurangi Polusi

Graha Nusantara, Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta dari F-PDIP Yuke Yurike menyampaikan Jakarta telah masuk ke dalam kondisi yang kritis dari segi kualitas udara. Dirinya berharap pemerintah dapat secepatnya memperbaiki kondisi tersebut, salah satu caranya melalui penambahan cakupan transportasi publik.

“Kualitas udara di Jakarta semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang sudah mencapai tingkat kritis dalam beberapa hari belakangan,” ujar Yuke pada keterangan tertulis, Jumat (9/6/2023).

Menurut Yuke, langkah nyata dalam pengurangan polusi udara harus segera dilakukan. Apabila tak dilakukan maka kesehatan masyarakat yang menjadi taruhannya.

“Ketika saya turun reses, banyak keluhan dari masyarakat, anak mereka mengalami batuk dan pilek karena paparan dari polusi,” ucapnya.

Yuke mengungkapkan penambahan wilayah transportasi umum dapat menjadi salah satu caranya. Salah satunya yaitu dirinya berharap koridor busway dapat ditambah sehingga dapat mencangkup level terkecil juga.

“Selain itu juga menambah koridor busway hingga ke level mikro sehingga bisa membuat masyarakat berpindah ke transportasi umum alih-alih menggunakan kendaraan pribadi,” ucapnya.

Tak hanya itu, dirinya berharap pemerintah dapat mempercepat pencapaian target ruang terbuka hijau (RTH) di DKI Jakarta. Pasalnya, DKI kini hanya memiliki 33,33 kilometer persegi atau 5,18% dari yang seharusnya 30% dari luas DKI Jakarta yaitu 664,01 kilometer persegi.

Pemerintah DKI turut diharapkan bersikap tegas terhadap standar emisi. Pengetatan standar emisi bagi mobil serta kendaraan lainnya dipercaya dapat mengurangi jumlah polutan yang terlepas ke udara.

“Saya rasa jika langkah-langkah ini dijalankan oleh pemerintah bisa berdampak positif pada perbaikan kualitas udara Jakarta, sehingga bisa menjadi kota yang lebih sehat bagi semua orang.” ujarnya.

Komentar