Ini Tanggapan KPK Terkait Pemeriksaan Kesehatan Lukas Enembe oleh 2 Dokter Singapura

Graha Nusantara, Jakarta – Dua dokter dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura memeriksa kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menuturkan belum mendapatkan hasil dari pemeriksaan tersebut.

Ali menjelaskan jika pemeriksaan yang dijalankan oleh Lukas sudah seharusnya dilakukan oleh tim dokter independen.

“Sejauh ini kami belum mendapatkan secara resmi apa yang menjadi hasil pemeriksaan itu. Ya, tapi kan berulang kali disampaikan untuk memperoleh objektivitas sebuah pemeriksaan kesehatan itu kan harus oleh tim independen,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Jumat (14/10/2022).

Ali menuturkan dalam pemeriksaan Kesehatan Lukas Enembe oleh tim independen, KPK telah mengajak tim dokter Gubernur Papua ini agar nantinya hasil pemeriksaan dapat lebih objektif.

“Kami juga beri kesempatan tim kesehatan, tim dokter tersangka untuk ikut sehingga nanti hasilnya akan menjadi lebih objektif. Apakah benar sakit ataukah sebaliknya kan begitu,” ucap Ali.

Ali menjelaskan jika dirinya meminta Lukas diperiksa oleh tim dokter independen agar hasilnya lebih objektif dan dapat diterima alasan-alasannya menurut hukum.

“Kalau sekarang versi dari tersangka, ya kami pasti memahami itu adalah versi dari mereka, bahwa dia adalah sakit. Kalau kemudian versi yang lain, mungkin dokter pribadinya, ya pasti versi. Kalau KPK melakukan pemeriksaan sendiri juga juga versi makanya kami sampaikan agar lebih objektif dan itu bisa diterima alasan-alasan tersebut menurut hukum,” ujarnya.

“Maka dibentuklah ataupun diperiksa oleh tim Dokter independen yang tim kesehatan dia pun kami ajak untuk bisa ikut,” sambungnya,

Selain itu, Ali juga menerangkan jika hasil pemeriksaan kesehatan Lukas taka da kaitannya dengan KPK. Tetapi, KPK akan memeriksa hal tersebut secara komprehensif karena hal ini berkaitan dengan penanganan perkara dari Lukas Enembe.

“Ya, kalau dari sisi pembuktian kan tidak ada kaitannya (hasil pemeriksaan) dengan kami begitu ya. Tetapi tentu dalam proses penanganan perkara secara komprehensif apapun informasi terkait dengan tersangka tentu menjadi penting bagi kami,” pungkas Ali.

Komentar