Menhub Berharap Sektor Transportasi Dapat Bangkit Lebih Cepat

Graha Nusantara, Palembang – Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia lebih dari tahun. Berbagai upaya untuk pulih dari keadaan yang disebabkan oleh pandemi terus dilakukan oleh berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor transportasi dimana Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap agar sektor ini dapat bangkit lebih cepat.

Bangkit Maju Bersama adalah tema dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022. Menurut Menhub, tema ini memiliki makna melalui sinergi dan kolaborasi bersama antar insan perhubungan di seluruh Indonesia, maka segala tantangan akan lebih mudah untuk dihadapi.

“Kita tidak akan bangkit lebih cepat kalau tidak bersama-sama,” tutur Menhub saat memimpin upacara peringatan Harhubnas tahun 2022 yang digelar di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (17/9).

Pemulihan sektor transportasi terus dilakukan oleh pemerintah dan saat ini hasilnya sudah dapat dilihat yaitu mengarah pada hasil yang positif.

Capaian positif tersebut seperti pada kuartal kedua sektor transportasi terus tumbuh hingga mencapai angka 21,27% serta menyumbangkan 5,44% pada pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga September 2022.

Kembali dikelolanya ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI merupakan suatu langkah lebih baik dalam hal pengakuan internasional pada ruang udara Indonesia.

“Pencapaian ini harus kita syukuri bahwa di tengah tantangan yang dihadapi, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” ujar Menhub.

Meskipun telah mencapai beberapa hal positif, bukan berarti sektor transportasi tak memiliki sejumlah pekerjaan rumah. terdapat beberapa pekrjaan rumah yang penyelesaiannya harus disegerakan seperti keselamatan transportasi, peningkatan konektivitas, serta integrasi antarmoda di seluruh Indonesia.

Pagelaran upacara Peringatan Harhubnas kali ini digelar di Kota Palembang tak seperti biasanya yang digelar di Jakarta. Penyelenggaraan di Kota Palembang merupakan upaya mewujudkan paradigma bahwa arah pembangunan adalah Indonesia Sentris bukan Jawa Sentris.

Kota yang memiliki makan khas pempek ini juga dianggap dapat dijadikan wilayah percontohan bagi wilayah-wilayah diluar jawa dimana kota ini memiliki transportasi massal yang terintegrasi dan lengkap seperti LRT, BRT Trans Musi, angkot feeder dan angkutan lainnya.

Mengunjungi Stasiun LRT Ampera dengan tujuan membagikan kartu elektronik LRT Sumsel secara gratis bagi para penyandang disabilitas adalah kegiatan yang dilakukan oleh Menhub bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Walikota Palembang H. Harnojoyo seusai upacara.

Kegiatan ini adalah salah satu komitmen dari Kemenhub untuk mewujudkan transportasi massal yang inklusif bagi berbagai kalangan terkhusus kelompok  yaitu Ibu hamil, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

Acara ini juga dihadiri oleh anggota DPR dan DPRD RI, jajaran Kemenhub, Dinas Perhubungan Provinsi dan Kota, operator transportasi, dan stakeholder terkait lainnya.

Komentar