Berkunjung ke Hungaria, Menhub Ingin Bangun Proving Ground

Graha Nusantara, Jakarta – Bertandang ke Hungaria, bertemu dengan Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria Mr. Laszlo Palkovics, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membahas peluang kerjasama.

Pertemuan ini dilakukan pada Selasa, 30 Agustus 2022. Pertemuan juga membahas mengenai pengelolaan fasilitas uji coba kendaraan (proving ground) selain pembahasan mengenai peluang kerjasama pada proyek transportasi.

Proving ground menjadi salah satu keunggulan dari Hungaria. Pengalaman ini yang ingin kami pelajari,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilansir dari Kontan.co.id, Kamis (1/9/22).

Selesai berdiskusi dengan Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria, pertemuan dilanjutkan dengan mengunjungi ZalaZone fasilitas proving ground  yang berlokasi di Budapest Ibu Kota Hungaria.

“Usai bertemu dengan Mr. Palkovics, saya sempat berkunjung ke ZalaZone, tempat fasilitas proving ground yang dimiliki Hungaria,” ujar Menhub.

Kerja sama pelatihan, edukasi dan pengembangan SDM di sektor transportasi didorong Menhub untuk dilakukan. Dalam hal ini termasuk juga pengelolaan proving ground baik antar perguruan tinggi dua negara maupun pihak swasta dan pemerintah kedua negara.

Bekerja sama dengan Badan Usaha (KPBU) pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan Balai Uji kendaraan bermotor atau proving ground  berstandar Internasional (United Nation Regulation/UNR pada lahan berukuran kurang lebih 90 Ha.

Perancangan dan pembangunan fasilitas pengujian dan fasilitas penunjang, pengadaan peralatan pengujian dan fasilitas penunjang, pemeliharaan fasilitas sampai peningkatan kapasitas atau pelatihan merupakan ruang lingkup dari kerja sama antara Indonesia dan Hungaria.

Selama ini Indonesia melakukan pengujian kendaraan bermotor di luar negeri jika Indonesia memiliki proving ground berstandar internasional dan diakui oleh ASEAN Mutual Recognition Agreement (MRA) maka pengujian di luar negeri tidak diperlukan lagi.

Memiliki proving ground  juga bermanfaat menyelaraskan persyaratan teknis dan meningkatkan ekspor produk otomotif antar negara ASEAN yang saling mengakui dan meningkatkan kualitas kendaraan yang memenuhi aspek keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Pertemuan di Hungaria bukanlah akhir karena pada Rabu, 31 Agustus Menhub menuju Austria untuk bertemu dengan pemimpin perusahaan internasional kereta gantung (ropeway/cable car) Doppelmayr Group.

Komentar