Bertemu Wali Kota Rotterdam, Anies Tandatangani MoU

Graha Nusantara, Jakarta – Wali Kota Rotterdam, Mr. Ahmed Aboutaleb beserta delegasinya mengunjungi Balai Kota pada hari ini, Senin, 29 Agustus 2022.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menyambut kedatangan Wali Kota Rotterdam dan delegasinya.

Foto: Anies Baswedan Menyambut Wali Kota Rotterdam, Mr. Ahmed Aboutaleb beserta delegasinya (Facebook @Anies Baswedan)

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pertemuan anggota G20. Para Wali Kota anggota Urban20 (U20) bertemu dan membahwas berbagai isu dunia yang relevan pada saat ini.

Pada pertemuan Anies serta Ahmed Aboutaleb berbagai pembahasan dibahas dalam pertemuan ini seperti tantangan, permasalahan paska pandemi hingga peningkatan kolaborasi.

“Kami berdiskusi berbagai hal menyangkut tantangan yang terjadi hari ini. Apa yang dihadapi ke depan paska pandemi, sekaligus meningkatkan kolaborasi,” tulis Anies Baswedan pada laman Facebooknya @Anies Baswedan.

Foto: Diskusi (Facebook @Anies Baswedan)

Sebagai kota yang sama-sama yang berada di tepi pantai, Jakarta dan Rotterdam memiliki fokus yang sama untuk menyelesaikan permasalahan mengenai Tata Pengelolaan Kota.

“Jakarta memiliki kemiripan dengan Rotterdam dari segi tantangan dan problematika Tata Pengelolaan Kota. Misalnya, sama-sama berlokasi di tepi pantai dan punya tantangan dalam mengelola permukaan air laut,” sambungnya.

Gubernur Jakarta yang akan habis masa jabatannya pada akhir tahun itu pun bersama dengan Wali Kota Rotterdam melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau dalam biasa dikenal nota kesepakatan dalam memajukan masing-masing kota.

Foto: Penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU (Facebook @Anies Baswedan)

“Hari ini kami melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk menemukan solusi bersama dalam memajukan masing-masing kota, baik Jakarta maupun Rotterdam dengan berbagai tantangan yang dihadapi.” tulis Anies.

Komentar