Hutang Indonesia 7000 Triliun, Luhut: Salah Satu Terkecil Di Dunia

Graha Nusantara – Pada acara peletakan baru pertama Tol Serang – Panimbang Seksi 3 Cileles- Panimbang pada Senin, 8 Agustus 2022 Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikan bahwa hutang yang Indonesia miliki adalah satu satu hutang terkecil di dunia.

Luhut membenarkan jika Indonesia memiliki hutang dan menyatakan hutang yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebesar 7000 triliun. Tetapi Luhut juga menyampaikan bahwa hutang yang Indonesia miliki adalah hutang produktif.

“Jadi kalau orang bilang kita ada utang, betul. Rp 7.000 triliun, tapi utang yang adalah utang yang produktif,” ujar Luhut pada saat memberikan sambutan.

Menurut Luhut, hutang ini termasuk ke dalam hutang produktif karena digunakan untuk sektor-sektor produktif seperti proyek jalan tol yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Kalau ini dibangun (proyek tol) simpul-simpul ekonomi akan timbul dan dia akan membayar sendiri utangnya. Dan kita salah satu negara yang punya utang terkecil di dunia,” terang Luhut.

Hutang Indonesia disebut sebagai hutang yang terkecil dikarenakan jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB), rasio utang Indonesia adalah 40%-41% dari PDB. Jika dibandingkan dengan banyak negara maju yang mencapai 100% maka hutang Indonesia termasuk kecil.

Luhut juga menyebutkan bahwa apa yang dilakukan pemerintah sudah diperhitungkan matang-matang sehingga Luhut meminta masyarakat agar tidak tertipu dengan data infomasi yang menurut Luhut adalah salah.

“Jadi bapak ibu sekalian teman-teman di Pemda, di daerah jangan bicara yang aneh-aneh, jangan dengarkan bicara-bicara yang tidak jelas. Pemerintah tahu apa yang kita lakukan,” terangnya.

Sebelumnya, Luhut menyindir para pengamat yang asal memberikan komentar mengenai hutang Indonesia. Luhut meminta para pengamat membandingkan data mengenai utang Indonesia ini.

Komentar