oleh

Heboh Boikot Nasi Padang di Twitter

Grahanusantara.co.id, Medan – Jagat lini masa Twitter dihebohkan dengan ajakan boikot makan nasi Padang. Adalah akun @K3nshin_KR yang membuat status mengajak pengikutnya untuk memboikot membeli di warung Padang. Hal itu sebagai imbas sikap sebagian elemen masyarakat di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang melarang Menteri Agama (Menag) Yaqul Cholil Qoumas menginjakkan kaki di tanah Minangkabau, setelah menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing.

“Woii Nusantara…Boikot produk Minang. Haramkan pembelian nasi Padang,” kata akun @K3nshin_KR dikutip di Jakarta, Ahad (6/3/2022). Status itu viral hingga mengundang kecaman banyak pihak. Tiba-tiba saja, cicitan itu dihapus sang pemilik akun, namun banyak yang sudah men-screenshot-nya.

Ketua Umum DPP Komite Pemuda Nasional Indonesia, Haris Pertama langsung merespon dengan mempertanyakan ajakan boikot membeli nasi Padang. “Maksudnya manusia ini apa ya??? Kau pikir makanan Padang itu ada yang haram??? Saya sebagai orang Minang tersinggung sekali,” kata Haris melalui akun @knpiharis.

Sontak saja akun @zarazettirazr ikut menertawakan status yang dibuat akun yang diidentifikan sebagai pendukung pemerintah tersebut. “Mendingan gue boikot elo lah @K3nshin_KR daripada nasi padang, ajegile,” katanya.

Rata-rata akun yang kerap mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga merespon ajakan memboikot warung Padang. “Narasi boikot nasi padang itu sudah sering. Bukan hal baru. Oiya bong ketik di-Google ‘provinsi dermawan’,” kata akun yang suka membuat status satir dan meme @Markonah_003.

Akun @PresidenKopi juga ikut mentertawakan ajakan memboikot tidak membeli makanan khas orang Minang tersebut. “Halah, halah lagak si longor mau boikot nasi Padang…Biasa nelen gule lengkuas aja,” katanya sambil menunjukkan emoticon tertawa. ( RAH)