Cara Atasi Aplikasi Android yang Tertutup Tiba-Tiba

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Belekangan ini sejumlah pengguna Android melaporkan kendala dan gangguan tentang banyaknya aplikasi Android yang crash aliat tertutup secara tiba-tiba.

Sejumlah aplikasi Android yang tidak bisa dijalankan di antaranya ialah aplikasi bawaan Google mulai dari Gmail hingga Google Play, beberapa aplikasi perbankan macam BCAMobile dan BNI Mobile, dan aplikasi Android lainnya. Game Mobile Legends besutan Moonton juga terpantau mengalami crash mendadak.

Google sudah mengkonfirmasi adanya masalah ini dan sedang berupaya memperbaikinya. Mereka mengatakan bahwa masalah ini disebabkan oleh komponen sistem yang disebut Android System WebView, aplikasi bawaan Android yang mengizinkan sistem untuk menampilkan konten web.

“Kami mengetahui ada masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android berhenti berfungsi untuk beberapa pengguna,” kata Google dalam sebuah pernyataan.

“Kami sedang berupaya memahami masalahnya dan segera memperbaikinya.” lanjutnya lagi.

Banyaknya pengguna yang mengeluhkan masalah ini, Samsung menyarankan para penggunanya untuk menghapus pembaruan terakhir Android System WebView dari smartphone-nya. Caranya sebagai berikut.

– Buka pengaturan.
– Pilih aplikasi.
– Tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas.
– Pilih tampilkan aplikasi sistem.
– Cari Android System WebView.
– Pilih Uninstall Updates.