PDIP Sidoarjo Tanam Pohon, Cak Sul Ajak Milenial Peduli Lingkungan

Grahanusantara.co.id, Sidoarjo – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan secara serentak melakukan aksi menanam 4.874 berbagai bibit pohon di beberapa titik bantaran sungai yang ada di Sidoarjo pada Sabtu (23/1/21) bertepatan dengan HUT Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri.

Penanaman bibit pohon ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan PDI Perjuangan dalam rangka memeriahkan HUT ke 48 PDI Perjuangan dan sekaligus memberikan kado istimewa untuk Ketua Umum Megawati yang berulang tahun ke 74 pada tanggal 23 Januari tersebut.

Sumi Harsono selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, mengatakan kegiatan penanaman 4.874 bibit pohon sembari di meriahkan dengan tumpengan di masing-masing cabang dan ranting.

“Selain menanam 4.874 bibit pohon di berbagai titik bantaran sungai yang dilakukan oleh seluruh kader PDI Perjuangan se-Sidoarjo yang dipimpin oleh DPC Partai dan juga seluruh Fraksi PDI Perjuangan Sidoarjo, kami juga melakukan berbagai kegiatan lain seperti tumpengan sebanyak 48 di tiap cabang dan ranting, dan webinar lingkungan hidup dan lain-lain,” ujarnya. Sabtu (23/01/21)

sementara itu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Samsul Hadi menambahkan, penanaman bibit pohon ini dimaksudkan untuk memberikan inspirasi pada kaum milenial untuk peduli dan sayangi lingkungan

“Kegiatan ini juga mengajak para kaum milenial untuk lebih peduli kepada lingkungan, apa yang kita tanam nantinya akan kita rasakan. Mulai gerakan yang kecil seperti menjaga kebersihan diri kita dengan 3M (Mencunci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak) kita juga bisa dengan membuang sampah pada tempatnya serta turut pula mengurangi penggunaan plastik pada kehidupan kita” tambahnya saat diwawancara.

Cak Sul sapaan akrabnya juga membeberkan itu makna dr jumlah penanaman bibit sebanyak 4.874 adalah 48 tahun usia PDI Perjuangan dan 74 Tahun usia dari Ibu Megawati Soekarno Putri.

“Iya itu makna filosofisnya 48 usia partai dan 74 usia Ibu ketua umum Megawati Soekarno Putri”. sambungnya.

Sebagaimana diketahui bahwa rangkaian kegiatan HUT 48 PDI Perjuangan yang dilakukan serentak secara nasional telah berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI untuk tiga katagori yaitu Rekor MURI untuk Prosesi HUT Partai Politik Secara During Peserta terbanyak, Rekor MURI untuk Penanaman Pohon Terbanyak Oleh Anggota Partai Politik dan Rekor MURI untuk Ulang Tahun Pembagian Nasi Tumpeng Terbanyak dan juga Usia 74 Tahun Usia Ketua Umum PDI Perjuangan dan Mantan Presiden ke 5 Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri.

Lebih lanjut, Bendahara dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Sidoarjo Suyarno juga menambahkan bahwa rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pemotongan 48 Tumpeng yang kemudian dibagikan secara serentak kepada masyarakat yang membutuhkannya tepat pada saat HUT PDI Perjuangan tangal 10 Januari lalu.

“Rangkaian kegiatan ini tidak berhenti hanya sampai penanam pohon, tapi berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya sampai bulan Mei, kemudian akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dalam rangka bulan Bung Karno di juni 2021,” tandas Suyarno.

Untuk diketahui penanaman 4.874 bibit pohon di Sidoarjo dan jutaan bibit pohon diseluruh Indonesia yang dilakukan oleh PDI Perjuangan tidak semata-mata sebagai bentuk pencitraan politik akan tetapi berangkat dari kesadaran bahwa alam Indonesia telah dirusak oleh oknum-oknum yang tak bertanggungjawab, karena itu PDI Perjuangan terpanggil dan bertanggungjawab untuk menyelamatkan alam dan lingkungan Indonesia sekaligus mengokohkan kembali sumber kehidupan, karena pohon adalah sumber kehidupan untuk semua makhluk di muka bumi.(*)