Langkat dengan Sejuta Pesona Objek Wisata

Grahanusantara.co.id, Langkat – Kabupaten Langkat merupakan daerah yang berada di Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 6.272 kilometer persegi dan terdiri atas 23 kecamatan. Perlu diketahui bahwa nama Langkat diambil dari nama Kesultanan Langkat yang dahulu pernah menguasai di daerah ini. Namun, saat ini kesultanan tersebut berubah menjadi kota kecil bernama Tanjung Putra.

Wilayah ini memiliki kondisi geografis perbukitan yang tentunya sangat menarik minat banyak pengunjung. Disini dapat menemukan kawasan wisata yang masih terjaga keasrian dan kesejukan. Sangat sesuai untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Terdapat air terjun, danau, sungai, pemandian di sekitar pegunungan, dan bukit-bukit yang dimanfaatkan menjadi spot foto cantik bagi traveling.

Tidak mengherankan hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung-pengunjung lokal maupun interlokal. Untuk lebih lengkapnya, berikut tempat wisata di Langkat yang meski traveler kunjungi:

  1. Namu Sira-sira
    Namu Sira-Sira merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh keluarga. Kawasan wisata ini merupakan tempat pemandian alami yang masih memiliki keasrian di sekitar lingkungannya. Selain itu, air yang mengalir di dalamnya masih sangat jernih dan tidak banyak tercemar oleh polutan.
    Namu Sira-Sira memiliki arus yang deras dan ukuran sungai yang begitu luas serta pinggiran yang berpasir, sehingga tak heran masyarakat sekitar sering menyebutnya Pantai Namu Sira-Sira. Di lokasi ini sudah tersedia berbagai macam fasilitas seperti toilet, lahan parkir, penyewaan pelampung, dan tempat makan yang membuat pengunjung merasa nyaman.
  2. Air Terjun Siluman
    Namanya saja sudah membuat kita tertarik, Air Terjun Siluman merupakan lokasi wisata yang terbilang masih sedikit pengunjung. Hal ini dikarenakan tempat ini masih belum dikelola secara komersil, melainkan masih dikelola oleh penduduk setempat.
    Namun, kealamian yang masih belum terjamah inilah yang menjadikan tempat ini sangat menarik. Air yang mengalir sangatlah jernih dan tidak tercemar. Jika Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya jangan pada musim kemarau, karena aliran air terjun juga tidak begitu deras di musim ini.
  3. Kolam Abadi
    Kolam Abadi di Langkat ini memiliki pesona tersembunyi yang jarang diketahui wisatawan. Kolam ini dari kejauhan berwarna kehijauan seperti danau yang ada di kawah gunung berapi. Tempat ini sangatlah cocok bagi Anda yang menyukai fotografi di bawah air. Hal ini dikarenakan air pada kolam ini sangatlah jernih. Selain itu aliran air juga tidak terlalu deras. Anda dapat melakukan aktifitas berenang ataupun menyelam di lokasi ini.
  4. Tangkahan
    Tangkahan merupakan pusat konservasi satwa gajah liar. Disini, Anda dapat melihat petugas-petugas yang memandikan gajah dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Selain itu, pusat konservasi ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan wisata edukasi. Anak-anak tentunya juga akan tertarik dan senang mempelajari tentang satwa.
  5. Bukit Lawang
    Kawasan Bukit Lawang Ecotourism & Ecoproject ini memiliki luas 200 hektar. Dahulu sekitar tahun 1973 pernah dijadikan tempat rehabilitasi orangutan Sumatera atau juga disebut Pongo Abelii. Seiring berjalannya waktu kawasan ini digunakan sebagai pusat pengamatan satwa langka. Bagi Anda yang ingin berekreasi dengan konsep kunjungan edukasi atau pelestarian alam, tempat ini merupakan pilihan yang tepat.
  6. Air Terjun Pantai Salak
    Air Terjun Pantai Salak merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang mendambakan keasrian alam sebagai pelepas penat. Disini, Anda dapat menikmati suasana sekitar air terjun yang masih hijau dan aliran yang lumayan deras. Berbagai macam kegiatan seperti bermain air, berfoto, maupun sekedar bersantai bersama keluarga dapat Anda lakukan disini. Selain itu juga terdapat penginapan berjarak 1 kilometer dari air terjun bagi Anda yang ingin singgah sementara.