oleh

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil.

Grahanusantara.co.id – Agar bayi yang anda kandung tetap sehat sampai lahir, ada hal yang perlu anda cermati pola makan sehat. Asal anda tahu, kesehatan dan pertumbuhan bayi yang anda kandung sangat bergantung kepada nutrisi yang anda konsumsi. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan atau malas untuk memilih makanan sehat saat anda hamil.

Ketika anda mengandung, anda sebenarnya tidaklah perlu makan banyak. Faktanya bukan seperti itu, Ibu hamil setiap kali makan harus menambahkan 300 kalori tambahan. Hal ini setara dengan semangkok sereal. Sangat jelas sekali, bahwa makan terlalu banyak belum tentu hal itu akan menyehatkan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, anda hanya perlu mongkonsumsi makanan yang berbeda. Contoh, seperti kalsium dan protein sangat bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh serta tulang bayi anda, dan juga asam folat berguna untuk menghindari cacat bawaan, zat besi bisa membantu sel darah merah dan akan membawa oksigen terhadap janin yang anda kandung.

Lantas, bagaimana pola hidup sehat untuk ibu hamil? Anda dapat praktikkan tips-tips berikut ini :

Tidak Mengkonsumsi Alkohol dan Kafein

Jika pada sebelumnya anda suka mengkonsumsi alkohol anda kafein, maka ketika anda hamil, anda harus menghindarinya. Hal ini untuk menjaga janin anda, agar janin anda sehat sampai anda melahirakan.

Jika anda mengkonsumsi alkohol dalam keadaan hamil dapat menyebabkan resiko keguguran pada janin yang sedang anda kandung, tentunya anda tidak mau bukan jika janin yang anda kandung gugur!! Selain dapat menyebabkan ke guguran pada kandungan anda, alkohol juga dapat meningkatkan kecacatan pada kandungan anda.

Selain alkohol, anda juga harus menghindari minuman-minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, soft drink, dan teh. Jika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi minuman kafein, hal ini juga dapat mengganggu pertumbuhan pada janin.

Selaraskan Asupan Gizi

Ketika anda dalam keadaan mengandung, hal yang sangat penting adalah, anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral. Pola makan yang baik tentunya janin yang anda kandung juga akan baik.

Menurut para ahli kesehatan, yang sangat di perlukan bagi ibi hamil adalah mengkonsumsi makanan sekitar 180 kilo kalori setiap harinya. yang lainnya adalah ibu hamil meski mendapat asupan kalori sekitar 300 kilo setiap harinya.

Hindari Diet Ketika Hamil

Cukup berbahaya, jika saat anda hamil, anda melakukan diet, berbahaya untuk anda dan berbahaya untuk si kecil. Maka dari itu sebaiknya anda hindari diet saat hamil. Diet berarti Kamu mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan  oleh anda dan janin anda.

Konsumsi Suplemen Ketika Hamil

Ibu hamil harus mengkonsumsi nutrisi secukupnya, tetapi jika nutrisi dari makanan sehari-hari tidak mencukupi. Disini tidak akan merekomendasikan suplemen apa yang harus anda konsumsi. Yang wajib anda konsumsi  adalah, konsumsi suplemen yang mengandung asam folat.