oleh

Prabowo Beri Instruksi Gerindra Dukung Gibran

Graha Nusantara – Prabowo Subianto instruksikan partai Gerindra usung Gibran putra Presiden Jokowi di Pilwalkot Solo.

“Ya kalau soal dukung mendukung ya kami juga sudah ada arahan (dari Prabowo) untuk mendukung (Gibran),” ujar Sufmi Dasco Waketum Partai Gerindra, Jakarta, Selasa (11/02/2020).

Dasco menuturkan, Gibran menjadi kandidat terkuat untuk dicalonkan dari Gerindra. Namun, Dasco menegaskan pihaknya punya mekanisme tersendiri dan tidak menunggu keputusan dari PDIP.

“Bukan (menunggu keputusan PDIP), kita juga sedang dalam proses, proses dari DPC ke DPD, DPD ke DPP. Jadi proses-proses rekomendasi pilkada itu bukan cuma hanya menunggu partai lain, tetapi kami juga sedang berproses di kami untuk sampai ke DPP,” ucap Dasco.

“Ya kalau internal, informasi sementara ya calon kuat masih yang bersangkutan (Gibran),” imbuhnya.

Dasco pun enggan berspekulasi apakah partainya akan mengusung Gibran jika putra sulung Jokowi itu tak diusung oleh PDIP di Pilwalkot Solo. Begitu juga apakah Gerindra nantinya akan berkoalisi dengan PDIP jika partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memutuskan mengusung Gibran.

“Kita belum bisa sampaikan seperti itu, menanggapi hal tersebut mungkin nanti akan ada badan seleksi yang sudah ditunjuk dan bekerja untuk itu. Ya nanti itu kewenangan sepenuhnya di badan seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa,” ujar Dasco.

Saat ditanya apa pertimbangan Prabowo memberi arahan mendukung Gibran, Dasco mengatakan hal itu karena pertimbangan koalisi.

“Koalisi,” ujar Dasco.

Tak hanya Gerindra, dukungan untuk Gibran juga diberikan Partai Demokrat. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut sudah merestui partainya mendukung Gibran.

Gibran sendiri maju sebagai cawalkot melalui PDIP. Gibran kemarin telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPP PDIP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai cawalkot Solo.