oleh

Alumni Annuqayah Hafidhah Terpilih Sebagai Anggota Lembaga Sensor Film

Graha Nusantara – Demi kemajuan perfilman Indonesia, Komisi I DPR RI menetapkan 17 anggota Lembaga Sensor Film (LSF) untuk periode 2019 – 2023 setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan pada 10 – 11 Februari 2020.

“Tantangan dunia perfilman ke depan semakin berat. Bangsa ini butuh anggota LSF yang mampu menjawab tantangan zaman, yaitu yang cakap, berintegritas, cepat, kreatif dan inovatif,” ujar Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Selasa (11/02).

Dengan Fit & Proper Test yang telah digelar, DPR berharap anggota LSF yang terpilih bisa mengikuti kebutuhan zaman. Sukamta menilai, film sangat bisa mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, disadari atau tidak, langsung atau tidak langsung. Karenanya keberadaan LSF sebagai penjaga moral bangsa melalui film sangatlah penting.

Dari anggota lembaga sensor film terpilih, diantaranya adalah Hafidhah seorang alumni pondok pesantren Annuqayah yang berhasil lolos, tentunya pencapaian tersebut menjadi sebuah hal yang membanggakan.

Hafidhah menjadi sosok alumni Annnuqayah yang patut ditiru rekam jejaknya oleh santri-santri yang masih aktif agar dapat menjadi generasi yang berguna bagi bangsa.

Sukamta melanjutkan, beberapa hal yang dijadikan materi yang digali saat fit proper test di antaranya terkait self-censorship (sensor mandiri) yang digalakkan agar masyarakat dan keluarga-keluarga berperan aktif untuk membentengi anggota keluarganya dari film-film yang berkonten negatif.

“Akhirnya seleksi anggota LSF sudah selesai. Telah terpilih 17 orang yang diamanahkan sebagai penjaga moral bangsa lewat dunia film untuk menjawab tantangan-tantangan zaman periode 2019-2023. Saya ucapkan selamat bertugas atas amanah tersebut,” ucapnya.

Adapun hasil rapat internal Komisi I DPR RI mengenai anggota LSF yakni Ahmad Yani Basuki, Arturo Gunapriatna, Ervan Ismail, Fetrimen, Hafidhah, Joseph Samuel dan Mukayat Al Amin, Naswadi, Noorca M Massardi, Rita Sri Hastuti, Rommy Fibri Hardiyanto, dan Tri Widyastuti. Kemudian, anggota terpilih lainnya adalah Andi Muslim, Kuat Prihatin, Nasrullah, Rosery Rosdy dan Saptari Novia Sari.