Gubernur Sumut: Tenaga Kesehatan Fokus Utama di Vaksinasi

Grahanusantara.co.id, Medan – Vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) rencananya dimulai pada 14 Januari mendatang. Tenaga kesehatan yang akan penerima vaksin pada tahap pertama ini.

“Tanggal 14 (Januari 2021) sudah harus mulai (vaksinasi). Waktu yang ada saat ini kurang lebih 10 hari itu. Dari kemarin sebenarnya, dari tanggal 1 Januari, ini sudah dipelajari, tetapi dengan jumlah yang berbeda, akan dikaji kembali fokus kepada 40.000 takes (tenaga kesehatan) yang akan divaksin,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi seusai menerima kedatangan paket vaksin di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Selasa (5/1).

Edy memaparkan, vaksin yang telah tiba di Sumatera Utara berjumlah 40.000 vial. Vaksin yang dikirim pada tahap pertama ini akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Jumlah vaksin yang tiba itu masih jauh dari jumlah tenaga kesehatan di 33 kabupaten/kota di Sumut.

“Tuntutannya ada 72.451 kebutuhannya sesuai yang kita ajukan. Memang jumlah tenaga kesehatan kita sejumlah itu. Tetapi yang ada sekarang 40.000 vial, 40.000 vial ini nanti akan diatur oleh Kepala Dinas Kesehatan, fokus kepada orang-orang yang menangani kontak langsung kepada pasien-pasien Covid di rumah sakit-rumah sakit,” terang Edy.

Ditanya tentang kesiapannya sebagai orang pertama divaksin, seperti yang disampaikan sebelumnya, Edy mengaku sangat berharap. Namun, tenaga kesehatan menjadi fokus vaksinasi pada tahap pertama ini.

“Dan vaksinnya adalah (untuk usia) 59 (tahun) ke bawah sampai 18 (tahun), tapi kita fokus dulu orang-orang yang penting dalam rangka menangani Covid-19 ini. Nanti berikutnya, wartawan bersama-sama saya untuk divaksin,” ucapnya.