Usai Rapat Internal, Jokowi Segera Panggil Calon Menteri Baru? Muncul Nama Sandi Uno

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Usai rapat internal dengan Wapres Ma’ruf Amin, Presiden Jokowi dikabarkan segera panggil calon Menteri ke Istana.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan hal tersebut. Rencananya pemanggilan para calon menteri akan dilakukan Presiden Jokowi besok, Selasa (22/12/2020). “Besok,” kata Heru Budi Hartono seperti dilansir Beritasatu.com, Senin (21/12/2020).

Namun ketika ditanya nama-nama calon menteri yang akan dipanggil ke Istana, Heru enggan mengungkapkannya. “Besok saya kabarin ya,” ujar Heru Budi Hartono.

Heri juga membantah pertemuan antara Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin membahas tentang reshuffle kabinet yang akan dilakukan pada Rabu. Menurutnya pertemuan antara Jokowi dan Ma’ruf Amin hanya diskusi biasa saja. “Diskusi ringan,” ucapnya singkat.

Berdasarkan informasi, setidaknya ada enam kementerian yang kabarnya akan dirombak. yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Kementerian Sosial, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sejumlah nama santer jadi calon kuat menteri yakni, Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Juru Bicara Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional. Ia disebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Kemudian ada nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang digadang-gadangkan akan menggantikan Juliari P Batubara sebagai menteri sosial.

Kemudian, posisi Menteri Agama juga akan diganti. Nama Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Stakuf dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi. Tak hanya itu, muncul juga nama Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang masih kosong.

Selain itu, posisi Menteri Perdagangan juga disebut akan diganti. Nama Dubes RI di Amerika Serikat M Lutfi disebut akan masuk menggantikan Agus Suparmanto.

Selanjutnya, mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno diisukan akan menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.