Herman Deru Dianugrahi Penghargaan BAZNAS Award 2020

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru dipenghujung tahun 2020 ini kembali meraih penghargaan kali ini penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam ajang BAZNAS Award 2020 dalam kategori Kepala Daerah (Gubernur) Pendukung Kerbangkitan Zakat 2020.

DR Zainulbahar Noor, SE, Mec Wakil Baznas RI ketika menyampaikan pengumuman pemenang secara virtual yang disaksikan Gubernur Herman Deru di Command Center Kantor Gubernur, Senin (14/2) menyebut, dukungan pemerintah dalam pengolahan zakat sangat diperlukan sebagai upaya kesejahteraan masyarakat secara cepat dan efektif. Karena itu Baznas memberikan apresiasi yang tinggi pada kepala daerah yang terus memberikan dukungan penuh dalam pengelolaan zakat di daerahnya masing-masing.

“Kami ucapkan selamat pada bapak Gubernur, dan kami harapkan pada Baznas Award berikutnya akan mendapatkan penghargaan seperti ini,” ucapnya.

Dia menyebut, peran kepala daerah begitu penting dalam dakwah, syiar, edukasi hingga mendorong pengelolaan zakat yang sangat transparan.

Adapun BAZNAS memberikan penghargaan kepada sejumlah pemangku kepentingan untuk terus mendorong kebangkitan pengelolaan zakat di Indonesia.

Penghargaan BAZNAS Award 2020 dengan tema “Semesta Kebajikan Zakat” itu memiliki standar penilaian dalam memberikan penghargaan tersebut.

Penilaian menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian yang bersifat kuantitatif serta kualitatif. Melalui tolok ukur tersebut ANTARA menjadi salah satu media massa penerima anugerah BAZNAS Award 2020 kategori Media Pendukung Kebangkitan Zakat.

Terdapat sejumlah kategori penghargaan BAZNAS Award 2020, di antaranya Kategori Kepala Daerah Pendukung Kebangkitan Zakat, Penghargaan Khusus, Kampanye Zakat Terbaik, Pertumbuhan Pengumpulan ZIS terbaik dan lainnya.

Sementara itu Gubernur Herman Deru ketika dimintai tasnggapannya terkait dengan diterimanya penghargaan ini kembali mengajak petugas dari Basnas dapat bekerja dengan sigap jangan pasif karena perbuatan dan uluran tangan dari lembaga ini sangat dinantikan oleh masyarakat.

“Saat ini perekonomian masyarakat kita menengah ke bawah sangat butuh bantuan, karena itu pihak Baznas segelah berbuat jangan pasif dan menunggu. Jika perlu ambil langsung zakat dari para wajib zakat atau muzaki. Karena diperintahklan oleh Al-Qur’an ambil zakatnya,” tegas Herman Deru

Dikatakannya, saat ini Baznas diyakni pemerintah sebagai lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengelola zakat, infak dan sodaqoh yang paling akurat.

“Di tengah merebaknya covid 19 ini, Saya mengajak para muzaki untuk juga menyalurkan zakatnya melalui Baznas sebagai lembaga resmi. Karena Basnas memiliki data yang akurat terkait dengan mustahik atau yang berhak menerima zakat. Distribusinya juga akan sangat akurat karena lembaga ini awasi dan akuntabilitas terjaga, “ tambahnya.

Herman Deru mengungkapkan lembaga Baznas Sumsel sejauh ini telah menjalankan fungsinya dengan maksimal terlebih pengelolanya beranggotakan para komisioner dan handal.

“Ada saatnya kita membantu, mencari dan berbagi. Mudah-mudahan saudara kita khususnya mustahik beban hidupnya dapat menjadi ringan karena para muzaki di Sumsel membantu melalui Baznas,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau agar petugas Baznas tidak menjadi petugas yang pasif, yakni dengan selalu mengingatkan muzaki untuk menyalurkan zakatnya.

“Saya himbau jangan menjadi petugas yang pasif, caranya untuk aktif adalah dengan mengingatkan muzaki untuk menyalurkan zakatnya dengan yakin dan terpercaya,” pungkasnya.