Menjadi Programmer Tidak Sulit, Berikut Situs Belajar Menjadi Programmer Profesional

Graha Nusantara – Koding atau programming merupakan kemampuan yang akhir-akhir ini banyak digemari baik untuk individu seseorang atau perusahaan.

Melihat hal tersebut, di era digitalisasi saat ini mempelajari sebuah hal bukanlah menjadi hal yang sulit lagi, bahkan hanya dengan melalui media kita dapat mempelajari sebuah hal yang kita inginkan dengan cepat termasuk koding atau programming.

Berikut adalah situs yang dapat membantu seseorang mulai dari amatiran sampai dengan profesional untuk mempelajari Koding atau programming;

  1. Coursera

Coursera adalah sebuah platform yang menawarkan beberapa kelas pemrograman setaraf mata kuliah kampus secara gratis dan memberikan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu menguasai bahasa pemrograman.

Kamu bisa mulai membuat akun dan mulai mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggal. Untuk kamu yang mencari kelas berdasarkan jadwalmu sendiri, Coursera adalah pilihan tepat karena hampir setiap kelas diselenggarakan dengan teratur.

  1. Github

Github seperti buku referensi untuk para coder. Github mampu memenuhi hampir semua keingintahuanmu. Semacam Kaskus-nya koding gitu. Kamu bisa menampilkan hasil kodingmu dan berdiskusi dengan pengguna lainnya. Faktanya, jika kamu programmer profesional, sebaiknya mulai membuat akun Github karena banyak industri kreatif mencari programmer handal di situs ini.

  1. Codecademy

Tentu saja, daftar situs ini gak akan lengkap tanpa Codecademy. Di sini kamu bisa belajar koding bersama lebih dari 24 juta orang secara gratis. Kamu bisa belajar banyak bahasa pemrograman di sini, termasuk CSS, Javascript, PHP, HTML dan masih banyak.

Situs ini telah meraih kepopulerannya karena memang Codecademy terbukti efektif dan cukup interaktif untuk digunakan. Kamu bisa belajar secara bertahap dan Codecademy akan menyimpan pekerjaanmu.

Pokoknya situs ini yang paling mudah.

  1. Udemy

Udemy adalah platform belajar online yang diciptakan untuk para profesional untuk meningkatkan kemampuan mereka. Meski beberapa kelas memang berbayar, namun kelas gratis tetap ada dan bahkan ada video tutorial yang bisa menunjang kemampuanmu.

  1. MIT Open Courseware

MIT, yang selama ini dikenal sebagai sekolah para jenius, sebenarnya menawarkan kelas online gratis untuk kamu yang ingin belajar. Sama seperti Coursera, kamu bisa mengambil beberapa jenis pelajaran sekaligus, tapi di MIT kamu akan lebih fokus pada koding itu sendiri. Bahkan kamu akan diberi beberapa tugas untuk membantumu lebih memahami pelajaran.

  1. edX

edX, sebenarnya adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Kini edX telah merangkul lebih dari 60 sekolah yang memiliki latar belakang sama. Jika kamu ingin merasakan belajar online dengan nuansa tradisional, edX pasti tak akan kamu lewatkan.

  1. Khan Academy

Khan Academy berfokus pada teknologi, matematika dan ilmu komputer secara gratis. Pelajaran akan diberikan melalui video tutorial dan telah terbukti sangat efektif bagi jutaan pengunjung Khan Academy.

  1. Code Avengers

Perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini akan mengajarkan bahasa pemrograman dengan cara yang interaktif, karena memang tujuannya adalah mengajarkan pengguna bagaimana untuk koding permainan, aplikasi dan situs website dengan berbagai bahasa.

  1. Free Code Camp

Jika kamu ingin bersenang-senang dan bermanfaat dalam waktu yang bersamaan, maka Free Code Camp adalah tempat yang tepat untukmu. Banyak komunitas pelajar dan programmer profesional yang bekerja sama untuk saling meningkatkan kemampuan agar mampu menyelesaikan sebuah aplikasi dengan gratis.

  1. Hack.pledge

Situs ini cukup menarik karena di sini banyak berkumpul para developer yang memang mendedikasikan kemampuan mereka untuk mengajari orang-orang bagaimana untuk mengenal bahasa pemrograman. Yang lebih menarik dari situs ini adalah bahwa beberapa pengajarnya adalah orang-orang terkenal di dunia pemrograman. Bram Cohen salah satunya, ia adalah penemu BitTorrent yang sering masuk ke Hack.pledge dan kamu mau ke mana lagi selain belajar dari ahli.