Dinasti Politik Masih Eksis, Negara Institute: 174 Anggota DPR Masuk Hitungan

Graha Nusantara – Di era reformasi saat ini, masih banyak dinasti-dinasti politik yang tersebar diberbagai daerah. Lembaga kajian politik, demokrasi dan kenegaraan bernama Nagara Institute menemukan 74 dinasti politik di Pilkada dan 174 dinasti politik di Pileg.

Akbar Faizal selaku Executive of Board Nagara Institute, memaparkan 74 dinasti politik di ranah eksekutif itu tersebar di 25 Provinsi di Indonesia.


“Itu yang saya temukan. Dinasti politik yang dimaksud adalah dia bagian dari dinasti yang berkuasa sebelumnya (keluarga),” ujar Akbar, Jakarta Selatan, Selasa (28/01/2020).

Kemudian, Akbar menyebutkan 174 dinasti politik di ranah pemilihan legislatif juga terjadi pada pemilu 2019 lalu. “Jadi dari 575 anggota DPR RI sekarang, 174 di antaranya adalah pilihan keluarganya sendiri,” sambungnya.

Kelanggengan dinasti politik ini, dikatakan Akbar, adalah akibat dari kesalahan sistem regulasi dan sistem rekruitmen pemimpin yang terjadi di partai politik. “Dampaknya 447 Bupati dan Gubernur yang bermasalah secara hukum. Kenapa demikian? Karena dia hasil dari produk itu tadi (dinasti),” tambahnya