Jaga Protokol Kesehatan, Angkasa Pura II Terapkan Safe Travel Campaign

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Dalam rangka mengembangkan protokol kesehatan. PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) akan menerapkan Safe Travel Campaign ke tahapan selanjutnya.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, dalam tahap selanjutnya, penerapan protokol kesehatan di bandara yang dikeloala akan diperkuat dengan dijalankannya Safe Travel Campaign yang fokus pada konsistensi, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan mempererat kolaborasi antar stakeholders. 

“Sektor penerbangan nasional berkewajiban memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di tengah pandemi,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (15/10). 

Dia menjelaskan, konsistensi akan dilakukan AP II dan stakeholders agar dapat secara berkelanjutan semakin baik menerapkanprotokol kesehatan di 19 bandara yang dikelola. Sementara itu untuk aspek kepercayaan diri masyarakat merupakan upaya AP II dalam menjaga kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap transportasi udara, untuk mewujudkan Safe Travel Campaign for Safe Travel Confidence. 

Untuk aspek kolaborasi juga menurutnya sangat penting untuk selalu diperkuat oleh seluruh stakeholders di bandara. “Melalui kolaborasi yang erat maka kami dapat memenuhi standar global dan cara protokol yang paling baik di dunia dalam upaya bebas Covid-19,” ungkap Awaluddin. 

Sebelumnya, AP II bersama stakeholders di 19 bandara menerapkan protokol kesehatan secara ketat sejak Maret 2020. Upaya tersebut dilanjutkan dengan  mencanangkan Safe Travel Campaign sejak Juli 2020 hingga saat ini. 

Protokol kesehatan di bandara AP II diperkuat dengan Biosecurity Management, yaitu Physical Distancing, Health Screening, Passenger Touchless Processing, Facility Cleanliness and Sanitizing, dan People Protection. Selain itu, bandara AP II juga sudah menerapkan implementasi Biosafety Management Virus Spreading Anticipation, Environment Screening, Infrastructure Sterilization, dan Public Health Assurance.