Kim Jong Un: Saya Telah Gagal

Grahanusantara.co.id – Presiden Korea Utara Kim Jong-un ucapkan permintaan maaf kepada rakyat Korea Utara atas kegagalannya. Para analis mengatakan, pidato emosional itu menunjukkan Kim merasakan tekanan pada kepemimpinannya terkait dengan pandemi COVID-19 dan sanksi nuklir.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (13/10/2020), Kim menitikkan air mata ketika ia mengeluarkan permintaan maaf yang langka atas kegagalannya untuk membimbing negara melalui masa-masa sulit yang diperburuk pandemi Virus Corona.

Kim melepas kacamatanya dan menghapus air mata. Hal tersebut dinilai menjadi sebuah indikasi dari meningkatnya tekanan pada rezimnya.

“Orang-orang telah menaruh kepercayaan setinggi langit dan sedalam laut kepada saya, tapi saya telah gagal untuk selalu memenuhi itu dengan memuaskan. Saya sangat menyesal untuk itu,” katanya.

Kim juga mengatakan, usaha dan ketulusan hatinya belum cukup untuk membebaskan orang-orang dari kesulitan hidup mereka.

Pidato Kim dibumbui dengan kata-kata yang tidak menyenangkan seperti “tantangan berat”, “cobaan yang tak terhitung jumlahnya” dan “bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya”.