Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Dijadwalkan rampung pada Juli 2021, Sirkuit Mandalika, yang akan jadi tuan rumah MotoGP Indonesia, tak sabar dinanti pecinta balap motor.

“Konstruksi mudah-mudahan di Juli sudah selesai,” kata Happy Harinto Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto, seperti dilansir CNN Indonesia.

Disebutkan Happy, saat ini konstruksi Sirkuit Mandalika sudah hampir mencapai 50%. Dengan prediksi Juli akan rampung, Indonesia dipastikan tidak akan menjadi salah satu tuan rumah tes pramusim.

Namun begitu, para pebalap tetap akan dapat kesempatan menjajal trek anyar tersebut sebelum balapan digelar. Ini sudah menjadi syarat yang diwajibkan Dorna Sports dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Pretesting enggak mungkin karena (pekerjaan) belum selesai. Tapi untuk uji coba itu pasti sekitar bulan Juni-Juli 2021,” lanjut Happy.

Di awal September lalu, MotoGP sudah memasukkan Indonesia pada situs resmi penjualan tiket. Namun begitu, untuk pemesanan tiket belum bisa dilakukan.

Bukan itu saja. Sirkuit Mandalika malah jadi kandidat digelarnya tes pramusim, di mana tes digelar tiga hari. Namun oleh situs resmi MotoGP disebut statusnya masih ‘kemungkinan’ karena menunggu konfirmasi kalender tetap MotoGP 2021.

Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang sekitar 4,32 km, dengan tikungan sebanyak 17 buah. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Yang pasti, ini merupakan sirkuit MotoGP pertama yang menggunakan jalan raya.

Untuk daya tampung penonton, paling tidak akan tersedia 97.000 tempat duduk. Namun karena ini merupakan sirkuit terbuka, diyakini jumlah penonton yang bisa menyaksikan event ini bakal lebih besar lagi.