Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Tidur

Grahanusantara.co.id – Apakah Anda sering mengalami sulit tidur atau insomnia? Sudah pasti, kondisi ini sangat tidak menyenangkan, ya? Anda jadi lemas dan tidak bertenaga di pagi hari, kurang bersemangat dan mengantuk. 

Ternyata, tidak hanya itu. Kurang tidur juga memicu sederetan dampak negatif lain pada tubuh, seperti:

Wajah terlihat tampak lebih tua. Selama tidur, terutama selama kamu tertidur lelap, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan dan bekerja untuk memperbaiki dan regenerasi sel di seluruh tubuh, termasuk sel kulit, otot, dan tulang. Kurang tidur akan meningkatkan risiko kehilangan proses penting ini, sehingga bisa membuat kamu merasa dan terlihat tampak lebih tua.

Kurangnya gairah seksual. Kurang tidur dapat memengaruhi gairah dan fungsi seksual, baik pada pria maupun wanita. Kondisi ini mengakibatkan pasangan akan lebih jarang melakukan hubungan intim, pun jika dilakukan, seperti terpaksa dan menjadi kurang menyenangkan. Pada pria, kurang tidur akan berdampak pada kurangnya testosteron.

Tubuh lebih lama untuk melakukan proses penyembuhan. Tidur memiliki efek yang kuat pada sistem imunitas tubuh. Tidak hanya proses penyembuhan luka, semua bentuk pemulihan dari penyakit, cedera, dan kondisi kesehatan lain yang dipengaruhi oleh kualitas tidur. Tubuh akan lebih berisiko terserang penyakit ketika kamu kurang tidur dan akan butuh waktu lama untuk pulih kembali.