Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona

Jakarta, Grahanusantara.co.id – Virus corona, merupakan virus ganas dan mematikan.  Hal ini seperti yang di sampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih. Virus corona 2019 Novel corona virus atau yang di kenal 2019-nCov bisa menular melalui batuk, bersin orang yang terinfeksi.

“Dari cairan air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan juga itu bisa menular,” ujar Daeng seperti dilansir dari Antara pada senin (27/1).

Penularan Virus Corona

Seperti yang di lansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, Bahwa virus corona dapat menular dari manusia kemanusia lainnya dengan lima cara, diantaranya:

Cairan – Transmisi dari cairan air dapat menularkan virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin

Udara – virus corona dapat menyebar dalam jarak jauh dengan melalui udara. Cara penyebaran virus ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya, yang beberapa tahun silam sempat viral;

Kontak – Virus corona dapat menular melalui hubungan langsung dengan orang sekitar, hal itu bisa melalui kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain).

Penularan Virus Corona Bisa Melalui Pernapasan

Daeng menambahkan, bahwa selain penularan dari hewan ke manusia, virus corona jenis baru ini dapat menular lewat kontak dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu.

“Penularan dengan kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludahnya, terkena napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona itu, atau menyentuh langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi virus itu,” lanjutnya.

Jangan Lakukan Kontak Tubuh dengan Penderita Virus Corona

Daeng juga mengungkapkan, mengimbau kepada masyarakat, untuk sementara tidak melakukan kontak langsung dengan penderita virus corona apalagi melakukan perjalanan ketempat munculnya virus itu.

“Salah satu untuk mencegah terinfeksi virus itu yakni jangan melakukan kontak dengan penderita,” ungkapnya Daeng.

Gunakan Masker  dan Cuci Tangan

Upaya pencegahan lain untuk menghindari menularnya virus corona, yaitu dengan menggunakan masker. Namun masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu panik karena sebab saat ini belum ditemukan kasus pasien positif terinfeksi virus corona

Daeng juga sangat mengimbau kepada masyarakat, agar selalu melakukan pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan.

“Karena penularan virus ini bisa ke jaringan mukosa di badan, maka jangan gampang mengucek mata, hidung pakai tangan, dan kalau bisa tangannya selalu bersih, misalnya mau kucek mata dan hidung, mau makan, maka tangan sebaiknya dibersihkan dulu,” pungkasnya.